7 faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi

Sakit gigi atau nyeri pada gigi adalah masalah yang paling menjengkelkan, seseorang yang menderita sakit gigi biasanya akan mengalami pusing, mudah marah, tidak bisa tidur dan demam. Gigi berlubang merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi, oleh karenanya dalam lubang gigi tersebut terdapat berbagai jenis-jenis kuman dan bakteri yang jahat.

7 faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi

Sakit gigi tidak bisa di anggap remeh, menurut riset ilmu kedokteran yang meneliti tentang masalah gigi, menemukan fakta yang mencengangkan bahwa sakit gigi merupakan gejala penyakit JANTUNG dan STRUK. Nah jika sudah tahu dampak buruknya sakit gigi, alangkah baiknya anda lebih rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar terhindar dari faktor yang menyebabkan sakit gigi.

7 faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi adalah?

1.Gigi berlubang dan abses gigi
-gigi berlubang di sebabkan oleh tidak berfungsinya dua lapisan luar gigi yaitu enamel dan dentin, enamel adalah putih luar permukaan gigi yang keras, sedangkan dentin adalah lapisan kuning yang tepat berada di bawah enamel.

2.Sindrom gigi yang retak ''cracked tooth syndrome''
-gigi retak biasanya di sebabkan oleh makanan atau benda yang bersifat keras seperti es batu, permen, pensil dll.

3.Akar gigi yang sensitif
-gigi sensitif terjadi karena dentin gigi terbuka, sehingga bakteri bisa dengan mudah dan leluasa melarutkan racun ke akar tulang, dan menyebabkan gusi dan akar tulang tersebut surut. Dentin yang terbuka sangat sensitif dengan minuman/makanan panan, dan yang rasanya asam.

4.Penyakit gusi
-seperti gusi berdarah dan bengkak (radang)

5.Horman yang tidak seimbang
-biasa terjadi pada wanita, dalam hidupnya wanita memiliki empat siklus ketidak seimbangan hormon yakni pada saat Pubertas, Menstruasi, Menopause, dan hamil. oleh sebab itu 70% lebih banyak, wanita yang sakit gigi di banding pria.

6.Eros gigi dan impaksi
-gigi yang gagal untuk tumbuh ke dalam posisi yang tepat.

7.Gangguan tempromandibular ( TMJ )
-seperti terkena benturan, jatuh, kena tinju dll, sehingga rahang terasa sakit jika untuk mengunyah.

Pada dasarnya yang menjadi biang kerok dan pelaku utama sakit gigi adalah jasad renik, yang tumbuh dan melekat di dalam lubang gigi atau gigi yang retak. Mengapa jasad renik dapat tumbuh dengan mudah di area sekitar gigi berlubang? Jasad renik dapat tumbuh dan berkembang karena adanya sisa-sisa minuman manis, dan makanan yang menempel pada gigi yang bermasalah tadi?

Cara yang paling sederhana untuk menghambat agar jasad renik tidak tumbuh di gigi berlubang adalah dengan berkumur menggunakan air hangat, tetapi cara ini tidak cukup efektif, namun setidaknya akan memberi rasa hangat dan merelaksasi syaraf-syaraf  (meredakan rasa nyeri).

Cara yang paling baik ya gosok gigi setelah makan atau sebelum tidur, andaikan anda sudah merasakan sakit dan tidak memungkinkan untuk menggosok gigi, anda bisa menggunakan LISTERIN (cairan pembersih gigi) cara ini cukup efektif dan efisien untuk mencegah dan mengobati sakit gigi secara berkala.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "7 faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi"

Posting Komentar