Apakah matahari lebih besar dari cakrawala ?

Materi belajar IPA : Matahari adalah suatu bintang besar yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. matahari tempat berputarnya planet-planet. terbit atau tenggelamnya matahari sangat banyak digemari seluruh masyarakat secara mendunia. salah satu sebabnya karena pada saat matahari terbit atau tenggelam akan tampak lebih besar dan menyatu dengan cakrawala. Gejala matahari yang lebih besar saat dekat dengan cakrawala sebenarnya hanya sebuah ilusi saja.

Lebih besar mana matahari dan cakrawala

Cakrawala adalah garis horizontal yang merupakan titik hilang dan dimana tanah atau air berakhiir dan lagit dimulai. Cakrawala biasanya merupakan tempat terbit atau tenggelamnya matahari yang membuat ilusi matahari lebih besar dri carawala.

Namun, coba anda perhatikan ketika matahari terbit semakin tinggi pasti lama-lama matahari akan terlihat semakin mengecil dan akan kembali tampak lebih besar ketika matahari kembali tenggelam dan bersatu dengan bumi sehingga menyebabkan ilusi kembali.

Ilusi tersebut terjadi karena otak membandingkan matahari yang sedang berada di cakrawala dengan obyek latar yang ada didepan mata misalkan pohon, rumah, gunung dan kadang dengan cakrawala itu sendiri yang bisa menyebabkan otak berfikir bahwas saat terbit atau tenggelam matahari lebih besar dari cakrawala.

Kasus ilusi saat terbit  atau tenggelam matahari tampak lebih besar dari cakrawala mirip dengan ilusi optik geometri yang bisa diilustrasikan dengan' apapun yang ada diatas berada lebih jauh ukurannya pasti lebih besar, padahal tidak seperti itu " itu hanta sebuah ilusi dari otak."

Ada juga yang berpendapat saat terbit atau tenggelam matahari terlihat besar dicakrawala karena pembiasannya. padahal pembiasan atmosfer hanya berpengaruh pada penggepengan matahari yang akan membuat matahari tampak lebih kecil dari sumbunya dan hanya berpengaruh pada perubahan warna yang lebih merah.

Jadi saat terbit matahari tetap sama besarnya dengan ukuran semula mengapa saat terbit terlihat besar dicakrawala, hal itu dikarenakan ilusi yang menyebabkan otak membandingkan matahari dengan objek cakrawala sehingga menyebabkan pandangan matahari saat terbit atau tenggelam lebih
besar dari cakrawala.

Itulah informasi yang bisa membantu menjawa pertanyaan anda mengapa saat terbit atau tenggelam matahari lebih besar dari cakrawala. Semoga info ini juga bisa menambah wawasan anda lebih luas pada bidang astronomi. Terimakasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Apakah matahari lebih besar dari cakrawala ?"

Poskan Komentar