Keutamaan Membaca Dan Mempelajari Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril.

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya orang-orang yang mempunyai fikiran mendapat pelajaran. (Shad/38:29)

Imam Ibnu Jarir ath-Thabari rahimahullah berkata, “Allah Azza wa Jalla berkata kepada Nabi-Nya (Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam), "Al-Qur'an ini ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, wahai Muhammad, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya, agar mereka memperhatikan hujjah-hujjah Allah Azza wa Jalla serta syari’at-syari’at yang ditetapkan di dalamnya, kemudian mereka mendapat pelajaran dan mengamalkannya" (Tafsir ath-Thabari, 21/190)

keutamaan membaca dan mempelajari al-qur'an

Membaca Al-Qur'an merupakan langkah awal seseorang bermuamalah dengan Al-Qur'an. Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam memerintahkan agar kita rajin membacanya, sebagaimana tertuang dalam sabda beliau Shallallahu'alaihi wa sallam :

Bacalah Al-Qur`an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya. (HR Muslim)

Allah menjadikan amalan membaca Al-Qur`an termasuk sebagai salah satu yang bernilai ibadah kepada-Nya. Allah memberikan pahala bacaan Al-Qur`an bukan per surat atau per ayat, akan tetapi pahalanya per huruf dari Al-Qur`an yang kita baca. Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf. Akan tetapi alif adalah satu huruf, lam adalah satu huruf dan mim adalah satu huruf. (HR at-Tirmidzi)

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi memaparkan hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan membaca Al-Qur’an, di antaranya:

  • Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. 
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat” (HR. Muslim)

  • Mendapatkan predikat insan terbaik. 
Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Tirmidzi)

  • Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya. 
Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah” (HR. Bukhari Muslim)

  • Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar. 
“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala” (HR. Bukhari Muslim)

  • Akan diangkat derajatnya oleh Allah 
Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw bersabda,: “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain” (HR. Muslim)

  • Mendapatkan sakinah, rahmat, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya.
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya” (HR. Muslim)

Nah, itu tadi beberapa keutamaan membaca dan mempelajari Al-Qur'an. Semoga penjelasan diatas bisa membuat kita rajin dan rutin membaca dan mempelajari makna yang terkandung di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Keutamaan Membaca Dan Mempelajari Al-Qur'an"

Poskan Komentar