Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimakan Pada Saat Sarapan Pagi

Pagi hari adalah waktu sibuk untuk semua orang di rumah, terutama para ibu. Ibu harus menyiapkan keperluan seluruh anggota keluarga sedini mungkin, atau mereka akan terlambat sampai di sekolah atau kantor. Terbatasnya waktu membuat para ibu memilih sejumlah menu sarapan pagi yang praktis dimasak dan dihidangkan pada anggota keluarga yang tidak sabar meninggalkan rumah.

Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimakan Pada Saat Sarapan Pagi

Ada beberapa menu sarapan pagi yang kurang menyehatkan dan tidak memberi manfaat apapun dalam menambah energi yang dibutuhkan keluarga anda. Berikut adalah makanan yang sebaiknya tidak dimakan pada saat sarapan pagi:

  • Mie instan
Beberapa ibu mungkin memilih menu mie instant sebagai solusi praktis sarapan pagi. Rasanya yang enak (karena mengandung MSG) disukai anak-anak yang kesulitan menelan makanan berat di pagi hari. Lebih baik menghindari mi instan di pagi hari karena kandungan bahan pengawet dan bumbu penyedap, dan hanya menyajikannya sebagai menu sarapan pagi satu kali dalam seminggu (jika terpaksa).

  • Kentang goreng
Kentang goreng plus saus tomat, hampir semua anak menyukainya. Tetapi kentang goreng beku yang dibeli di supermarket dapat dipastikan mengandung bahan pengawet, dan dibutuhkan minyak goreng untuk mematangkannya. Menelan makanan dengan kandungan minyak tinggi di pagi hari bisa meningkatkan resiko radang tenggorokan, walaupun sudah meniriskan kentang goreng dengan kertas penghisap minyak.

  • Nugget
Sama seperti kentang goreng beku, nugget yang dijual di supermarket mengandung bahan pengawet yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Lebih baik memakan nugget buatan sendiri sebagai menu sarapan pagi, dan jangan lupa sertakan nasi secukupnya. Mengkonsumsi nugget buatan sendiri masih dapat ditoleransi oleh tubuh, asal tidak lebih dari dua kali seminggu.

  • Telur Asin
Telur asin sering dijadikan pilihan sebagai lauk untuk sarapan pagi karena tidak perlu menggorengnya. Cukup dibelah menggunakan pisau, dikeluarkan dari cangkangnya dan siap disantap. Tetapi kandungan garam yang tinggi dalam telur asin akan mengganggu pencernaan jika dikonsumsi setiap hari. Telur itik memang lebih banyak mengandung zat bermanfaat untuk kesehatan dibandingkan telur ayam, tetapi penambahan zat pewarna dan pengawet akan mengubah telur asin sebagai makanan yang hanya lezat di lidah saja.
  • Sosis
Sama dengan nugget, sosis beku dari pasar swalayan juga mengandung bahan pengawet, pewarna dan penguat rasa. Hidangkan sosis satu kali dalam sebulan dan menambahkannya dengan nasi putih. Jika terpaksa memakan sosis pada saat sarapan, usahakan juga meminum jus agar zat-zat tidak berguna larut dalam tubuh.
  • Junk food
Merupakan sebuah ide buruk untuk menyediakan junk food sebagai menu sarapan pagi. Junk food beku yang dibeli di pasar swalayan atau melalui drive thru (tempat makan siap saji) mengandung bahan pengawet. Hindari penyajian junk food pada anak usia dini agar anak tidak mengalami kecanduan junk food.
  • Kue basah
Kue basah memang tidak mengandung zat pengawet dan biasanya dijual dalam keadaan fresh from the oven. Namun untuk sarapan pagi sepertinya tidak mengenyangkan. Anda dapat memberikan kue basah sebagai bekal di kantor atau disekolah, namun sebaiknya anda mengenal dengan baik si penjual dan mengetahui reputasinya, agar terhindar dari kemungkinan penggunaan bahan-bahan berbahaya pada kue basah.

Itu tadi beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan pada saat sarapan pagi. Lebih baik anda bangun lebih pagi agar punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sehat bagi keluarga tercinta. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimakan Pada Saat Sarapan Pagi"

Poskan Komentar