Materi belajar : Pengertian, penyebab, jenis dan dampak erosi

Materi belajar biologi : Pengertian Erosi.

Erosi adalah pengikisan tanah yang terjadi karena arus air deras yang mengangkat material sehingga menyebabkan tanah tidak subur.

Penyebab erosi dan dampaknya

PENYEBAB EROSI

-Iklim (curah hujan)
Curah hujan yang berlebihan tidak baik karena dengan adanya urah hujan yang berlebihan kemampuan tanah untuk menampung air tidak cukup. Sehingga menghasilkan genangan air dengan arus yang mengangkut material dan

-Tanah ( erosifitas tanah rusak)

Akibat dari eksploitasi lingkungan yang berlebihan oleh manusia misalnya penebangan hutan tanpa reboisasi  menyebabkan kemampuan tanah menyerap air kurang sehingga menyebabkan erosi.


-Topografi ( tingkat kemiringan)

Tingkat kemiringan suatu tanah sangat mempengaruhi aliran air karena semakin miring tanah maka aliran air semakin deras yang mengusung material kebawah dan menyebabkan tanah longsor dan erosi.

JENIS-JENIS EROSI

1. Erosi akibat gaya berat

Erosi akibat gaya berat adalah erosi yang terjadi karena batuan yang bergerak terhadap kemiringan yang menyebabkan pembuangan massa karena arus yang deras.

2.Erosi akibat angin

Erosi yang terjadi akibat angin adalah erosi yang disebabkan karena angin yang berhembus kuat disuatu tempat misalnya di pantai angin yang kuat biasanya bisa membentuk gelombang besar (abrasi) ataupun tumpukan pasir digurun atau pantai. Sehingga menyebabkan pantai landai.

3. Erosi akibat air

Erosi yang terjadi erosi akibat air yaitu erosi yang terjadi karena arus air deras yang secara terus-menerus akan mengikis tanah dan menjadikan fungsi tanah hiang.

 DAMPAK EROSI

Dampak dari sebuah pengikisan baik tanah atauu di pantai sangatlah merugikan bukan hanya rugi dalam bidang kenyamanan tetapi juga rugi dalam bidang perekonomian, kesehatan dan lain-lain. Misalnya jika tanah terkena erosi maka fungsi tanah akan menurun yang mana nantinya akan berdampak pada semua rutinitas sehari- hari

Jika dilihat dari segi kenyamanan dan perekonoian ketika musim hujan karena fungsi tanah yang hilang menyebabkan banjir, dimana ketika banjir melanda akan menyebabkan berbagai penyakit misal gatal-gatal dan tentunnya pendapatan akan berkurang karena terhalang banjir.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Materi belajar : Pengertian, penyebab, jenis dan dampak erosi"

Posting Komentar