Nama pakaian perempuan jawa tempo dulu

Diera yang semakin modern ini banyak toko-toko yang menawarkan fashion-fashion terbaru yang pastinya telah terpengaruh dengan budaya barat. Di indonesia mayoritas adalah suku jawa. namun, tahu kah anda banyak sekali budaya yang mulai luntur dari adat jawa.apalagi, anak-anak muda sekarang menganggap apabila melestarikan adat itu norak.

Contohnya saja jika berbicara pakai bahasa jawa malu bahkan malah ada yang gak ngerti bahasa jawa padahal suku dia jawa. sungguh miris bukan, apalagi pakaian-pakaian yang dikenakan orang zaman dahulu pasti banyak remaja sekarang yang tidak tahu bahkan jika tahupun mereka masih memilih pakaian yang sekarang masih trend. maka dari itu disini akan diperkenalkan pakaian perempuan jawa tempo dulu .

Kemben atau Tagen

Kemben merupakan pakaian perempuan jawa tempo dulu yang digunakan untuk sehari-hari. kemben itu pakaian dalam perempuan yang cara memakainya dengan melilitkan. namun sekarang sudah jarang sekali ditemukan orang yang memakai kemben. karena orang - orang lebih banyak yang memilih pakaian dalam yang lebih praktis.

Kemben jawa-kebaya-jarit
Kendit

Kendit merupakan kain panjang yang dipakai para perempuan jawa tempo dulu untuk diet. namun pada zaman dulu juga kendit atau tagen digunakan untuk melilit perut wanita yang baru melahirkan agar perutnya tidak besar. dan bahkan sekarang ini kendit sudah digantikan dengan namanya korset, padahal memakai kendit lebih bagus.

Selendang

Selendang hampir sama seperti jarik dia juga dari batik, merupakan kain panjang. namun, bedanya selendang mempunyai ukuran yamg sangat lebih kecil dari pada jarik. sekarang selendang hampir susah untuk ditemui.

Kenthu

Nah, kethu adalah topi namun perempuan zaman dulu menyebutkkan sebagai kethu, sampai sekarang masih banyak yang memakai kethu tetapi hanya dikalangan orang-orang tua zaman dahullu. pakaian perempuan zaman dulu yang satu ini berfungsi untuk pelindung dari panas.

Itu tadilah pakaian perempuan jawa zaman dahulu, meskipun anda tidak menyukai setidaknya anda mengerti pakaian perempuan yang dikenakan zaman dulu. semoga informasi ini bisa menambah wawasan tentang budaya kita. Itulah nama-nama pakaian wanita jawa tempo dulu yang dapat bacadata.com kumpulan datanya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Nama pakaian perempuan jawa tempo dulu"

Poskan Komentar