Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Keriput Di Usia Muda (Penuaan Dini)

Wanita sangat takut akan munculnya keriput pada wajah. Banyak diantara mereka yang melakukan treatment mahal untuk menghindarinya. Ada yang berusaha mencegahnya dengan suntik, masker, facial dan lain sebagainya. Namun, tak jarang diantara mereka yang gagal melakukan pencegahan tersebut akibat tidak memahami penyebab kulit keriput. Padahal, penyebab inilah yang seharusnya menjadi patokan metode pencegahan.

Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

penyebab dan cara mengatasi kulit keriput di usia muda (penuaan dini)

Wajah yang sudah keriput di usia muda merupakan pengaruh dari efek cepat tua atau biasa disebut penuaan. Bagi sebagian wanita, memiliki kulit wajah keriput sangat mengerikan, dibenci, dan harus dihindari. Apalagi di usia yang masih muda. Keriput itu muncul secara alami dan tidak bisa dihindari.

Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang. Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah).

Penyebab kulit keriput

  • Menggunakan produk kosmetik tidak tepat
Produk kosmetik murah sangat menjamur dipasaran. Produk kosmetik dengan harga murah biasanya mengandung banyak kandungan berbahaya bagi kulit. Efek yang diberikan memang terbukti ampuh, namun ketika kalian berhenti memakainya kulit kalian akan berubah seperti semula. Hal ini banyak terjadi pada krim pemutih kulit. Jika kalian tetap menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, keriput, bintik hitam, hingga penyakit kanker tidak akan bisa dihindari lagi. Setelah kulit wajah telah mati dan rusak ini akan menimbulkan keriput-keriput wajah. Untuk itulah, kalian harus jeli dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi kesehatan.

  • Terlalu banyak terkena sinar matahari
Sinar matahari diatas pukul 9 pagi, selain dapat membakar kulit juga dapat menjadikan kulit menjadi keriput. Hal tersebut diakibatkan kandungan sinar matahari yang dapat menimbulkan munculnya garis-garis halus. Garis halus itulah yang lama kelamaan akan bertambah menjadi lebih tajam sehingga terbentuklah keriput.

  • Kurang minum air putih
Kekurangan konsumsi air dapat menimbulkan stres pada kulit. Stres kulit inilah yang kemudian membuat kulit berubah menjadi kusam dan keriput.

  • Kebiasaan merokok
Para perokok pasti mengalami kulit keriput pada usia dini. Hal tersebut diakibatkan oleh jumlah darah yang beredar jumlahnya dibawah standart. Tak heran kulit para perokok akan lebih cepat berubah menjadi keriput dibandingkan yang tidak merokok.

  • Kekurangan vitamin dan mineral
Kekurangan vitamin dan mineral biasanya dialami oleh wanita yang menjalankan program diet yang salah. Mereka dengan seenaknya menghilangkan menu-menu penuh vitamin dan mineral tanpa menghitung kebutuhan akan kandungan tersebut bagi tubuh. Akibatnya, kulit mereka akan cepat keriput dan kusam.

  • Radikal bebas
Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen.

  • Kelembaban udara
Kelembaban udara yang tidak stabil juga dapat menyebabkan keriput. Gunakan pelembab yang bisa mempertahankan kadar air di dalam kulit dan bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.

Cara mengatasi kulit keriput

  • Banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah segar sebagai antioksidan alami dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Jangan lupa untuk menghindari junk food dan produk-produk olahan.
  • Melakukan perawatan secara teratur yang meliputi pemakaian scrub, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan yang melembabkan kulit.
  • Banyak mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya minimal 2,5 liter per hari yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban kulit. Jangan lupa pula untuk mengurangi kopi dan soft drink.
  • Memperbanyak minum teh hijau yang banyak mengandung antioksidan.
  • Menerapkan pola hidup sehat dan katakan tidak pada rokok, alkohol, stres, dan gorengan (makanan berminyak).
  • Melakukan senam wajah juga efektif untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Senam wajah menyehatkan kulit dan otot-otot pada wajah sehingga kerutan tidak mudah muncul di wajah. Senam wajah juga dapat memperbaiki sirkulasi darah. Pijat perlahan pada bagian sekitar mata menggunakan permukaan jari.
  • Melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, senam, dan berenang minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur sangat membantu dalam melancarkan aliran darah sehingga berimplikasi pada asupan oksigen dan nutrisi pada sel-sel lebih baik serta sangat berperan dalam pembentukan sel-sel kulit yang baru.

Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan dan dijalankan secara konsisten untuk mencegah terjadinya kulit keriput di usia muda (penuaan dini). Kesehatan kulit dan kecantikan merupakan aset yang sangat berharga yang perlu dijaga secara maksimal bagi anda yang tidak mau mengalami kulit keriput pada usia yang masih terbilang muda.

Semoga penjelasan diatas tentang penyebab dan cara mengatasi kulit keriput di usia muda (penuaan dini), dapat membuat kita lebih memperhatikan kesehatan kulit, dan juga meningkatkan kualitas hidup kita secara signifikan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Keriput Di Usia Muda (Penuaan Dini)"

Poskan Komentar