Tips Ngemil Tanpa Takut Menjadi Gemuk

Ngemil adalah sebuah kebiasaan memakan makanan kecil atau makanan ringan diluar jam makan utama. Terkadang ngemil memang dibutuhkan untuk mengganjal rasa lapar yang datang sebelum waktu makan kita. Rasa lapar ini biasanya adalah pertanda jika tubuh kita sedang membutuhkan asupan energi tambahan. Biasanya kebiasaan makan camilan ini datang disaat kita sedang mengerjakan sesuatu atau saat kita tidak mengerjakan apa-apa dan merasa bosan. Terkadang ngemil bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan.

tips ngemil tanpa takut menjadi gemuk

Kebiasaan ngemil memang sulit untuk dihentikan. Mungkin anda ingat bagaimana tangan anda ingin terus bergerak memasukkan camilan ke dalam mulut hampir di berbagai kesempatan, seperti saat nonton TV, ngobrol dengan teman, atau arisan keluarga, dan lain-lain. Mungkin Anda juga paham bahwa kebiasaan ini tidak baik bagi  kesehatan, dan yang paling mencemaskan adalah bisa membuat tubuh melar atau gemuk.

Akan tetapi kebiasaan ngemil juga membawa dampak negatif. Rata-rata orang yang hobi ngemil memiliki masalah dengan berat badan. Hal ini disebabkan karena asupan kalori yang masuk lewat camilan lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan orang tersebut. Akibatnya, kalori yang tersimpan akan berubah menjadi lemak dan efeknya berat badan akan menjadi naik.

Bagi Anda yang punya kebiasaan ngemil, tentu tidak mau bermasalah dengan berat badan. Memang kebiasaan seperti ini akan susah untuk dihentikan. Berikut ini tips jitu untuk berhenti ngemil bagi kalian yang tetap ingin ngemil tapi berat badan juga tetap terjaga.

Tips ngemil tanpa takut menjadi gemuk

  • Jauhi ngemil jenis makanan berkalori tinggi, kaya minyak dan lemak, serta berkadar gula tinggi, seperti kue-kue manis dan gorengan.
  • Pukul 18.00 ke atas sebaiknya pilih ngemil buah-buahan yang kaya serat, seperti anggur, semangka, pepaya, apel, jeruk, pir. Khusus buah durian, nangka, dan pisang jangan dimakan karena mengandung kadar glukosa tinggi yang bisa memicu naiknya kadar gula darah.
  • Kurangi minuman dengan gula buatan, seperti soda, sirup,  jus buah dalam kemasan, atau milkshake dan capucino. Sebaiknya pilih jus buah alami tanpa gula.
  • Ngemil kacang-kacangan dan biji-bijian juga dianjurkan karena mengandung protein yang bisa memberikan rasa kenyang. Makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang sehat untuk tubuh dan kaya akan kalori.
  • Berbahaya adalah jika terus melahap camilan tanpa henti terutama ketika perut sudah terisi penuh. Jika perut terasa sudah berisi maka hentikan ngemilnya. Ingat ancaman obesitas.

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips ngemil tanpa takut menjadi gemuk, yang dapat digunakan untuk tetap bisa ngemil tanpa takut resiko kegemukan. Akan tetapi kebiasaan seperti ini akan lebih baik lagi jika dihentikan atau minimal dikurangi. Karena semua hal yang berlebihan tidaklah baik. Kuncinya adalah niat dari diri kita sendiri untuk mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Ngemil Tanpa Takut Menjadi Gemuk"

Poskan Komentar