Waspadai Serangan Jantung

serangan jantung mendadak

Siapa yang tidak khawatir dan takut kalau terkena serangan jantung? Penyakit berbahaya yang mematikan ini memang telah menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang di berbagai penjuru dunia. Betapa tidak, serangan jantung bisa merenggut nyawa seseorang secara tiba-tiba, tanpa terduga. Orang yang kelihatannya sehat karena tidak pernah mengeluhkan gejala penyakit apapun bisa mendadak meninggal akibat serangan jantung.

Oleh karena itu, kita patut waspada dengan serangan mendadak yang mematikan yang disebabkan oleh serangan jantung. Pada dasarnya, penyakit jantung juga memiliki tanda-tanda yang bisa dikenali dan dianalisis oleh orang awam sekalipun asalkan sudah mengetahui informasi awal tentang penyakit ini. Penyakit jantung ternyata tidak selalu identik dengan nyeri di dada. Tidak selalu orang yang mengeluh nyeri di dada kemudian disebut menderita penyakit jantung, karena bisa saja orang tersebut menderita penyakit lain seperti asma, pneumothorax, dan lainnya.

Nah, bagaimana cara untuk membedakan nyeri dada yang dialami tersebut karena diakibatkan oleh penyakit jantung atau gangguan penyakit lainnya?
Berikut beberapa gejala serangan jantung:

- Nyeri pada dada yang hilang dan timbul dalam jangka 5-10 menit
- Dada terasa sesak dan berat sehingga sangat sulit untuk bernafas (sesak napas)
- Mengeluarkan keringat, perut terasa mual, dan timbul perasaan cemas
- Rasa sakit yang menjalar. Leher terasa sakit, yang diikuti oleh rasa sakit pada lengan kiri dan     rahang, di bagian belakang perut, dan pada salah satu bahu
- Denyut jantung berdegup kencang atau lebih cepat dari biasanya
- Badan tiba-tiba merasa sangat lemas

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, temui dokter dan segera dapatkan pertolongan. Perlu Anda ketahui, otot-otot jantung akan mengalami kerusakan permanen setelah terjadi serangan jantung. Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih banyak dan parah, maka segera cari bantuan jika anda mengalami gejala serangan jantung.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Waspadai Serangan Jantung"

Posting Komentar