5 Cara Alami Hangatkan Tubuh Di Musim Hujan

Musim hujan yang melanda Indonesia saat ini, pasti membuat tubuh terasa dingin. Apalagi saat kita bersentuhan langsung dengan air hujan, dalam arti kita kehujanan sepanjang perjalanan saat menuju tempat kita beraktifitas, seperti kantor, sekolah, dan tempat tujuan lainnya.

Walaupun sudah mengenakan jas hujan atau kita berdiam diri di rumah, terkadang rasa dingin masih saja kita rasakan. Meringkuk sambil berselimut di tempat tidur, menghangatkan diri dengan meminum air hangat, kadang-kadang tidak mampu mengusir rasa dingin di badan.

Berikut 5 cara alami hangatkan tubuh di musim hujan, yang bisa mengusir rasa dingin pada tubuh, yang sekaligus juga berfungsi membakar kalori sumber energi dalam tubuh:

5 cara alami hangatkan tubuh di musim hujan

  • Bumbu pedas
Penelitian klinis menunjukkan beberapa jenis makanan pedas bisa mencegah pembekuan darah, terutama menghangatkan jari tangan dan kaki. Selain cabai rawit dan lada hitam, rasa pedas juga bisa dirasakan pada rempah-rempah seperti kunyit, ginkgo, kapulaga, kayu manis, dan jahe. Gunakan bahan tersebut sebagai bumbu masakan atau campurkan pada minuman teh hangat.

  • Teh hangat
Sudah minum teh hangat tapi tubuh masih terasa dingin? Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk dalam secangkir teh hangat. Tubuh akan terasa hangat dan tidurpun menjadi tenang.

  • Makanan penghangat
Ikan salmon selain kaya akan lemak omega-3, ternyata juga bisa menghangatkan tubuh. Jika susah memperoleh ikan salmon, maka anda bisa mengkonsumsi daging kambing atau sapi. Selain itu sayuran kaya zat besi juga mampu membuat tangan terasa hangat, seperti bayam, brokoli, bawang merah, daun bawang, gandum, gambas, kangkung, dan peterseli.

  • Rebusan rempah-rempah
Lada hitam bubuk, jahe, kayu manis, rosemary, oregano, daun sage, dan kunyit, bisa dibuat campuran air mandi agar tubuh hangat saat musim hujan. Rebus bahan-bahan tersebut (tergantung pilihan anda) selama 15 menit lalu campurkan dengan air mandi. Tubuh menjadi harum dan tidur malam menjadi nyenyak.

  • Olah raga
Aktifitas fisik rutin penting untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan energi tubuh secara perlahan. Olah raga juga baik untuk mencegah pembekuan sirkulasi darah dan menstimulasi kesehatan tubuh. Jika tubuh anda terasa dingin karena cuaca, anda bisa berolah raga ringan di dalam ruangan, seperti sit up, push up, lari ditempat, dan lain-lain.

Itu tadi 5 cara alami hangatkan tubuh di musim hujan. Semoga tips tadi dapat membantu anda menghangatkan badan di musim penghujan ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Cara Alami Hangatkan Tubuh Di Musim Hujan"

Poskan Komentar