5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Di Tahun 2015

Pada artikel sebelumnya dibahas tentang Tips Agar Resolusi Tahun Baru 2015 Tercapai, kali ini kita akan membahas tentang 5 tips mengatur keuangan pribadi di tahun 2015, karena setiap tahun kebutuhan hidup akan naik. Uang tunai saja tidak cukup bagi sebagian orang. Maka solusi yang sering dipakai sebagian orang adalah menggunakan kartu kredit, padahal hal tersebut bukanlah hal yang bijak untuk seseorang yang memiliki niat untuk lebih hemat pengeluaran di tahun baru (memenuhi resolusi yang dibuatnya).

Kartu kredit adalah suatu jenis penyelesaian transaksi retail dan sistem kredit. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening.

5 tips mengatur keuangan pribadi di tahun 2015

Kebutuhan mendadak memang senantiasa hadir, jika persiapan atau simpanan di rekening bank tidak cukup maka pasti menimbulkan masalah. Hal inilah yang sering menjadi alasan orang memiliki kartu kredit. Sekali gesek maka transaksi sudah terselesaikan.

Berikut 5 tips mengatur keuangan pribadi di tahun 2015 yang bisa membantu mewujudkan niat anda untuk berhemat dalam mempergunakan uang di tahun yang baru ini.

  1. Ketika menerima bonus, hadiah, atau uang ekstra maka buatlah aturan untuk diri anda sendiri. Misalnya 1/3 bagian untuk disimpan di masa depan, 1/3 dipakai sebagai modal investasi, dan sisanya digunakan untuk keperluan saat ini (bisa diatur sesuai kebutuhan).
  2. Simpan uang untuk kebutuhan mendadak. Cara ini perlu dilakukan untuk menghindarkan anda dari hutang. Nominal uang yang disimpan jika bisa lebih besar dari pengeluaran bulanan.
  3. Hindari pemakaian kartu ATM. Sebaiknya anda harus memperkirakan berapa banyak uang yang dipakai untuk belanja kebutuhan bulanan. Jangan memaksa untuk membeli barang yang memang tidak diperlukan.
  4. Sisihkan 6% atau lebih dari gaji anda untuk berinvestasi. Uang tersebut sebaiknya disimpan di rekening khusus yang tidak dilengkapi kartu ATM, agar anda tidak tergoda untuk mengambilnya.
  5. Hitung jumlah semua pengeluaran anda setiap bulan. Sebaiknya jumlahnya tidak lebih dari 35% dari gaji yang anda terima setiap bulan.

Nah, itu tadi 5 tips mengatur keuangan pribadi di tahun 2015. Semoga anda bisa lebih tertib dan lebih bijak di setiap pengeluaran, dan andapun bisa lebih berhemat dalam mengatur keuangan pribadi di tahun yang baru ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Di Tahun 2015"

Poskan Komentar