Alat untuk pendeteksi bahaya longsor

pendeteksi bahaya longsorLongsor itu sering terjadi didaerah – daerah pegunungan apa lagi ketika musim hujan. Tiba – tiba tanah langsung ambles tanpa diketahui kapan waktunya sehingga menimbulkan korban yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut maka dosen dari UGM yaitu sunarno dari fakultas teknik, membuat alat pendeteksi tanah longsor.

Alat pendeteksi longsor dibuat sebagai sistem peringatan dini ketika akan terjadi tanah longsor. Alat ini dibuat dari bahan – bahan sederhana seperti megaphone atau yang sering disebut dengan sirine, tali nilon, senar, meteran, isolator plastik, dan bandul timah atau batu.

Alat tersebut juga bisa dibuat sendiri oleh masyarakat sebagai peringatan dini saat tanah akan longsor. Cara kerja dari alat ini mudah dipahami dan dananya juga murah hanya 300 ribu rupiah. Cara kerja alat ini cukup alat dipasang dirumah warga yang terhubung oleh seutas tali nilon, namun sebelumnya tombol sirine dalam kondisi on.

Tali merupakan pemicu agar sirine berbunyi disambungkan ke isolator dari bahan mika tipis yang terletak di antara baterai dan penutup baterai. Apabila tali pemicu alarm itu tertarik maka sirene akan berbunyi. Alat ini di desain dengan rekahan tanah yang berjarak 2 cm, alat ini sudah di pasang di 3 lokasi yang rawan dengan longsor yaitu di dusun keceme, gerbosari, samigaluh, kabupaten kulon progo dan desa ngalang, gedangsari, kabupaten gunung kidul DIY.

Pemasangan alat itu bukan semata – mata untuk praktek saja melainkan masyarakat setempat yang meminta agar alat tersebut dipasang disana. Dan alat ini terbukti bahwa bisa melindungi dari ancaman tanah longsor yang akan terjadi.

Dalam penemuan alat ini telah bekerja sama juga dengan badan penanggulanganan bencana daerah (BPBD) DIY mengenai pemasangan alat tersebut. Jadi bagi masyarakat yang menginginkan pemasangan alat tersebut bisa meminta langsung kepada BPBD ujar sunarno.

Semoga hal ini menambah wawasan dan memberikan informasi yang bisa membantu anda dalam menangani bencana longsor yang terjadi didaerah anda, dengan menggunakan alat pendeteksi longsor yang murah biayanya. Namun hal ini merupakan pencegahan dini. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, hal itu adalah kehendak tuhan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Alat untuk pendeteksi bahaya longsor"

Poskan Komentar