Bahaya kontak lensa, buta permanen


Kontak lensa merupakan alat bantu penglihatan yang memang tidak di desain untuk penggunaan dalam waktu jangka panjang. Penggunaan lensa kontak harus rajin – rajin membersihkan lensanya. Kontak lensa harus dilepas setidaknya sehari setelah pemakaian.

Kontak lensa atau softlens tidak hanya digunakan untuk membantu penglihatan, tak jarang softlens digunakan untuk niat menyempurnakan fisik atau untuk kecantikan. Bahkan banyak jenis tipe warna yang ditawarkan untuk mempercantik mata seperti warna biru, coklat, hitam, hijau dan berbagai jenis warna lainnya.

Itu tadi adalah beberapa kelebihan yang digunakan untuk lensa kontak, namun dalam pemakaian kontak lensa yang terlalu lama juga memiliki pengaruh bagi kesehatan mata. Bahkan bahaya kontak lensa adalah buta permanen. Pemakaian lensa kontak atau soflens harus sangat diperhatikan, jangan sampai memakai hingga lebih dari satu hari. Jika hal ini dilakukan maka bisa menyebabkan kebutaan permanen. Mengerikan bukan !

Didalam kontak lensa sendiri mempunyai bakteri yang sangat jahat yaitu acanthamoeba (menurut penelitian fiona henriquez, pakar kesehatan universitas scoutland). Bakteri tersebut sebenarnya berguna untuk membersihkan kotoran pada softlens atau kontak lensa.

Bahaya kontak lensa

Namun jika kontak lensa terlalu sering dipakai dan tidak dilepas maka bakteri tersebut akan menempel di mata dan menjadi berbahaya jika perkembangan bakteri tersebut semakin banyak. Jika sudah demikian maka bakteri tersebut lama kelamaan akan menggerogoti atau memakan mata yang dimulai dari bagian luar mata seperti kornea.

Gejala ketika mata sudah terserang bakteri acanthamoebic adalah mata panas, perih berair, pandangan kabur dan merasakan sakit yang berlebihan pada mata. Jika tahapan sakit tadi sudah dirasakan maka tidak kurang dari sebulan anda melepas kontak lensa anda maka akan terjadi kebutaan permanen pada mata anda.

Jikapun anda memakai kontak lensa atau softlens yang dilepas jika telah menggunakan dalam seharian maka  juga akan menimbulkan masalah kesehatan mata. Seperti paling dini akan mengalami kurangnya penglihatan pada usia kurang dari 40 tahun.

Untuk menghindari bahaya kontak lensa buta permanen maka sebaiknya anda menggunakan kontak lensa sesuai aturan seperti sering membersihkan kontak lensa, jangan gunakan kontak lensa lewat batas pemakaian bahkan dipakai terus menerus.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Bahaya kontak lensa, buta permanen"

Poskan Komentar