Makanan perusak Gigi yang sebaiknya kita hindari


Gigi merupakan bagian dari mulut yang mempunyai fungsi untuk meremas makanan, tanpa gigi akan membuat penampilan jelek dan bahkan tanpa adanya gigi akan menyebabkan sulitnya makanan untuk dicerna. Oleh karena itu gigi harus dijaga agar metabolisme tidak terganggu. Sebenarnya sangat mudah menjaga gigi agar tetap sehat, bukan hanya sekedar dengan menggosok gigi. Namun makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan gigi khususnya bagi anak yang usianya dini. Berikut adalah makanan perusak gigi apabila dikonsumsi secara terus – menerus.

Sereal sarapan

Jangan tertipu dengan label terkadang ada produk yang menjual dengan label gandum alias sedikit gula, namun ternyata didalamnya terkandung banyak gula dan sedikit mengandung serat bahkan protein yang merupakan elemen penting apalagi bagi anak kecil. Biasanya pabrik pembuat sereal mengganti nama gula dengan nama lain seperti berfruktosa, pemanis jagung, dekstroksa, maltodekstrin, atau glukosa. Ini juga bisa menjadi faktor perusak gigi.

Cemilan mengandung buah

Makanan perusak Gigi , cemilan buah

Dengan mengkonsumsi buah – buahan memang sangat baik bagi anak – anak khususnya. Namun banyak pula produk yang menawarkan cemilan seperti snack buah atau permen buah. Meskipun nama – nama tersebut membawa nama buah namun makanan tersebut perlu dihindari karena biasanya kandungan buahnya tidak sebanding bahkan terkadang malah hanya dibuat dengan pewarna pewangi dari buah – buahan saja. Jadi lebih baik langsung konsumsi buah yang asli, dari pada menjadi perusak gigi.

Makan siang kemasan

Makanan perusak Gigi , makanan kemasan

Meskipun praktis biasanya makanan kemasan hanya mementingkan kemasan dari pada gizi yng terkandung. Oleh karena itu lebih baik membuat makanan sendiri dari pada mengkonsumsi makanan yang kemasan. Karena dengan membuat makanan sendiri akan lebih sehat.

Minuman

Minuman perusak Gigi

Nah tidak hanya makanan yang dapat merusak gigi ternyata minuman juga dapat menyebabkan gigi rusak. Oleh karena itu sebaiknya anda memperhatikan minuman yang anda minum. Usahakan atau hindari minuman yang berwarna. Jika ingin minuman yang berwarna maka anda bisa mensiasatinya dengan membuat jus buah sendiri. karena pada umumnya minuman yang berwarna merusak gigi apalagi bagi anak kecil.

Demikian info mengenai makanan perusak gigi. Oleh karena itu dalam membeli produk sebaiknya anda lebih berhati – hati dalam penentuan nama lain gula dan tidak hanya pada makanan anda juga harus memperhatikan minuman. Alangkah lebih baiknya jika anda membuat makanan atau minuman sendiri karena terjamin sehatnya dan khususnya tidak menjadi sebab perusak gigi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Makanan perusak Gigi yang sebaiknya kita hindari"

Poskan Komentar