Batik indonesia yang mendunia, masyarakat sejahtera


Batik adalah busana atau kain yang dibuat dengan menggunakan teknik tertentu, dan motif – motif tertentu yang memiliki kekhasan. Hampir setiap wilayah khususnya di pulau jawa mempunyai batik masing –masing yang mempunyai motif atau kekhasan dan tentunya sebagai pembeda dari batik daerah lain.

Batik secara historis dikenal bangsa indonesia sejak abad XVII dan di dokumentasi kan di daun lontar. Awalnya dulu batik hanya dikerjakan hanya terbatas di keraton saja dan digunakan oleh keluarga raja dan pengikutnya. Karena banyak pengikut keraton yang tinggal diluar maka kesenian batik dibawa keluar pengikut dan dikerjakan di tempat masing – masing.

Batik indonesia yang mendunia

Sejak jaman Majapahit sejarah pembatikan di indonesia sangat berkaitan erat dengan perkembangan kerajaan – kerajaan lainnya juga dan penyebaran islam jawa. Penyebaran agama islam di Jawa dengan menggunakan batik juga karena tulisannya yang menyerupai tulisan arab. Di jawa, meluasnya pembuatan batik ini setelah akhir abad ke XVII.

Kini batik Indonesia telah mendunia, batik telah dikenal oleh seluruh masyarakat dunia. Tidak hanya dikenal bahkan batik di pakai juga oleh orang – orang di luar sana karena keunikannya. Kalian kenal barack obama presiden amerika serikat, bill gates pendiri google mereka adalah contoh tokoh luar yang hampir setiap pertemuan juga mengenakan batik dan masih banyak tokoh lain yang mengenakan batik.

Untuk menjaga batik mendunia ini banyak para tokoh batik indonesia yang memperkenalkan batik indonesia dan pengakuan bahwa pentingnya budaya batik didunia. Dan untuk semakin membumikan batik sering diadakan pameran – pameran batik yang mendatangkan menteri perdagangan dan pejabat penting lainnya yang tidak hanya di dari dalam negeri.

Presiden kita saat ini (Pak  Jokowi ) pun pada saat mengadakan kunjungan ke beijing tiongkok memakai batik agar batik semakin dikenal, tidak hanya itu presiden sekarang juga menganjurkan agar seluruh kabinet dewan dan PNS memakai batik setiap hari bahkan pada saat rapat sekalipun. Karena batik yang mendunia maka prospek lapangan kerja dalam membatik akan terus berkembang, dan secara tidak langsung  meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia dengan terjadinya peningkatan permintaan batik.

Prospek batik sangatlah baik karena selain menunjukan jati diri bangsa indonesia batik dapat menjadi penggerak ekonomi kreatif berbasis budaya. Sebagai warga negara indonesia sebaiknya kita senang karena identitas dan warisan budaya indonesia di kenal masyarakat dunia. Kita sebagai warga negara hendaklah melestarikan agar warisan budaya tidak di klaim bangsa lain. Banggalah karena Batik Indonesia kini mendunia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Batik indonesia yang mendunia, masyarakat sejahtera"

Poskan Komentar