Kondisi Kesehatan Bisa Diketahui Lewat Air Kencing


Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi air kencing diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Fungsi utama air kencing adalah untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh.

Anggapan umum yang menganggap air kencing sebagai zat yang kotor, hal ini berkaitan dengan kemungkinan air kencing yang berasal dari ginjal atau saluran kencing yang terinfeksi, sehingga akan mengandung bakteri. Namun jika air kencing berasal dari ginjal dan saluran kencing yang sehat, maka secara medis sebenarnya cukup steril dan hampir bau yang dihasilkan berasal dari urea sehingga bisa dikatakan bahwa air kencing itu merupakan zat yang steril.

Kondisi Kesehatan Bisa Diketahui Lewat Air Kencing

Ada banyak hal yang bisa ditunjukkan dari air kencing kepada kita. Salah satunya adalah ketika tubuh sedang sakit. Untuk mendeteksi suatu hal atau penyakit lewat air kencing umumnya akan diamati lewat warna, frekuensi, hingga aroma dari air kencing kita. Kondisi kesehatan bisa diketahui lewat air kencing, berikut ciri-cirinya:

  • Kehamilan
Air kencing dapat menunjukkan seseorang sedang hamil. Apabila air kencing yang keluar itu aromanya menyengat, lebih pekat dari biasanya bisa jadi wanita tersebut sedang hamil. Saat sedang hamil ada sel telur yang sedang berkembang di dalam rahim. Pada saat itu kerja ginjal akan semakin keras sehingga tidak heran apabila warna air kencing lebih pekat dari biasanya.

  • Diabetes
Berhati-hatilah apabila air kencing kita aromanya manis dan sedikit berbusa. Ini adalah sebuah indikasi bahwa tubuh sedang terserang diabetes dan gula darah meningkat tinggi. Jika warna air kencing kuning pekat atau kecoklatan, maka segera kunjungi dokter apabila mengalaminya.

  • Dehidrasi atau kurang minum
Kita butuh minum lebih banyak apabila air kencing menunjukkan warna yang semakin pekat. Lebih baik hindari minum soft drink dan segera minum air putih secepatnya. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air.

  • Sedang mengalami infeksi
Perhatikan baik-baik apabila air kencing kita berwarna kemerahan atau bahkan disertai dengan keluarnya darah. Hal ini menunjukkan sedang terjadi infeksi di dalam tubuh dan mungkin infeksi itu berada pada saluran kencing.

  • Ginjal sedang terganggu
Apabila di dalam air kencing terdapat pasir-pasir yang ikut keluar dari dalam tubuh, maka segera hubungi dokter. Hal itu dikarenakan kamu sedang mengalami batu ginjal atau problem ginjal lainnya.

  • Disfungsi hati 
Jika air kencing berwarna orange disertai dengan warna tinja yang berwarna putih menandakan adanya disfungsi hati. Segera konsultasi atau berobat kedokter jika mengalaminya karena bisa mengarah pada penyakit liver.

  • Pendarahan atau kanker
Air kencing yang berwarna merah berarti ada kandungan darah, hal ini menandakan di dalam tubuh kita terjadi pendarahan atau adanya kanker kandung kemih. Jika mengalaminya maka segera periksa kesehatan ke dokter agar segera ditangani.

Baca Juga ---------------- Melihat Kondisi Kesehatan Dari Wajah -----------------

Nah, itu tadi penjelasan tentang kondisi kesehatan bisa diketahui lewat air kencing. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kondisi Kesehatan Bisa Diketahui Lewat Air Kencing"

Poskan Komentar