Mitos Perhiasan Yang Perlu Kita Tahu


Perhiasan adalah sebuah benda yang digunakan untuk merias atau mempercantik diri. Perhiasan biasanya terbuat dari emas, perak, berlian, mutiara, dan batu alam, yang terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari cincin, kalung, gelang, liontin dan lain-lain. Perhiasan mempunyai bentuk beragam mulai dari bulat, hati, kotak,dan lain lain. Perhiasan biasanya berasal dari bahan tambang.

Pernahkah kamu mendengar mitos aneh tentang perhiasan? Ada beberapa dari mitos tersebut yang tidak bisa dipercaya atau bahkan diragukan kebenarannya. Tetapi semuanya kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita percaya atau tidak tentang mitos tersebut. Berikut ini mitos perhiasan yang sering beredar di masyarakat Indonesia.

Mitos Perhiasan Yang Perlu Kita Tahu

Mitos perhiasan yang perlu kita tahu

  • Berlian tidak bisa hancur
Mitos ini tidak benar. Yang benar adalah bahwa berlian dapat menggores berlian yang lain. Berlian justru akan retak jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu agar berlian tahan lama dibutuhkan perawatan ekstra. Membersihkan berlian harus rutin dilakukan agar terjaga keasliannya.

  • Emas memiliki tiga warna
Para penjual perhiasan sering mengatakan jika emas memiliki tiga warna yaitu kuning, putih, dan merah tembaga. Ternyata hal itu tidak benar. Emas yang murni adalah yang berwarna kuning. Warna lain dari emas kuning sebenarnya dihasilkan dari percampuran emas dengan senyawa lain. Bahkan emas putih dan emas berwarna merah tembaga yang biasanya berharga mahal sebenarnya hanyalah emas campuran.

  • Menggigit emas untuk menguji keasliannya
Kamu pasti sangat tahu akan mitos ini. Emas murni katanya bersifat lunak. Jika kamu mengigitnya dengan keras maka akan meninggalkan bekas gigitan di dalamnya. Para pembuat perhiasan palsu seringkali menggunakan logam lunak berbahaya seperti timbal kemudian dipulas menyerupai emas. Jadi jangan pernah menggunakan metode ini untuk menguji keaslian emas.

  • Berlian adalah batu paling langka di dunia
Berlian yang berwarna memang langka dan sulit ditemukan. Tetapi berlian bukanlah batu paling langka di dunia. Menurut Guinness Book of World Records batu permata paling langka di dunia adalah painite. Painite adalah batu permata yang berbentuk segi enam dan berwarna cokelat merah atau cokelat orange.

  • Cuka dapat melarutkan mutiara
Hanya ada sedikit kebenaran dalam mitos ini. Diperlukan waktu yang sangat lama agar cuka bisa melarutkan mutiara, dan itu bisa terjadi jika mutiara dihancurkan terlebih dahulu agar bisa larut. Jadi mitos ini tidak benar.

  • Batu opal dapat membawa sial
Mitos ini sangat salah. Sejak ditemukan pertama kali pada ribuan tahun yang lalu, opal dianggap membawa keberuntungan. Batu opal seringkali dijadikan sebagai kombinasi dari berbagai keindahan batu berharga oleh bangsa Romawi. Dengan berjalannya waktu, batu opal dijadikan jimat terkait dengan sihir, bencana, pemicu wabah dan kemalangan. Sedangkan pada zaman modern kepercayaan seperti itu sudah mulai hilang. Opal hitam adalah batu yang sangat langka dan mahal.

  • Berlian dinilai berdasarkan warnanya
Beberapa orang menganggap berlian biru bernilai paling mahal. Sebagai batu yang sangat berharga, warna bukanlah satu-satunya hal yang menentukan nilai berlian. Ketika menentukan harga berlian, yang harus dipertimbangkan adalah berat, karat, dan kemurnian berlian.

  • Batu akik adalah batu bertuah
Batu lokal Indonesia yang sekarang sekarang ini diminati adalah batu akik. Batu akik merupakan batu alam yang memiliki warna-warna yang beragam serta corak di dalamnya yang memukau. Macam-macam nama dari batu akik antara lain bacan, garut, kecubung, lavender, raffles, giok dan masih banyak lagi. Namun dibalik keindahan kilaunya warna dan corak batu akik, konon batu akik mempunyai cerita mistis. Kabarnya batu akik memiliki tuah atau kegaiban tertentu bagi pemakainya. Makanya batu akik disebut juga batu mustika. Batu akik dapat memberikan aura atau pengaruh positif bagi pemakainya, baik secara fisik maupun psikologis. Tuah ini jenisnya bermacam-macam seperti pelet atau pengasihan, keselamatan, kekuatan tubuh dari pukulan, kesehatan, bahkan kekayaan atau pesugihan. Untuk mitos yang satu ini sepertinya banyak orang yang percaya.

Nah, itu tadi seputar mitos perhiasan yang perlu kita tahu. Bagaimana menurut pendapatmu? Apakah sekedar mitos ataukah fakta?

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mitos Perhiasan Yang Perlu Kita Tahu"

Poskan Komentar