6 Jenis Meditasi Yang Bisa Merubah Hidup Kita


Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.

Setiap orang dapat secara bebas memberikan nilai-nilai tersendiri tentang arti meditasi bagi kehidupannya, seperti jalan untuk masuk dalam kesadaran jiwa, jalan untuk introspeksi diri, jalan untuk berkomunikasi dengan sang pencipta, jalan untuk mengubah hidup, jalan untuk meraih ketenangan batin.

Banyak orang melakukan meditasi hanya karena ikut-ikutan, sedang trend atau gaya hidup modern, dan bukannya untuk memperoleh tujuan yang nyata. Orang tidak sadar bahwa sebenarnya meditasi memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan seseorang jika dilakukan dengan lebih fokus.

Jenis-Jenis Meditasi Yang Bisa Merubah Hidup Kita

6 jenis meditasi yang bisa merubah hidup kita

  • Forgiveness Meditation
Duduklah dalam posisi bersila. Fokuslah pada pernapasan. Kemudian pikirkan seseorang yang perlu kita maafkan. Bayangkan orang itu sedang bertatap mata dengan kita. Katakan kepadanya: "Aku memaafkanmu" (sambil menarik napas), lalu lanjutkan dengan berkata: "Kamu bebas sekarang" (sambil menghembuskan napas keluar). Lanjutkan meditasi ini sampai kita merasa cukup rileks.

  • Gratitude Meditation
Duduk dengan nyaman dan fokus pada pernapasan. Cobalah untuk membayangkan semua hal dalam hidup ini yang bisa kita syukuri ke dalam pikiran kita. Tidak masalah jika hal-hal yang kita bayangkan merupakan hal-hal kecil yang terlalu sedikit atau terlalu banyak jumlahnya.

  • Self-Worth Meditation
Ketika kita mulai merasakan pernapasan yang tenang, ambil napas dalam-dalam, dan katakan kepada diri sendiri: "Saya berharga". Kemudian hembuskan napas sambil berkata: "Saya sempurna sebagaimana adanya saya". Ulangi langkah ini hingga kita merasakan tumbuhnya rasa percaya diri yang tinggi.

  • Abundance Meditation
Meditasi ini bukan hanya tentang menghasilkan lebih banyak uang, melainkan kelimpahan dalam semua aspek kehidupan. Duduklah dengan santai. Tarik napas sambil mengatakan: "Saya bernapas dalam kelimpahan karunia". Hembuskan napas sambil berkata: "Selalu ada lebih dari cukup untukku".

  • Loving-Kindness Meditation
Duduklah yang nyaman. Atur napas dan mulai ambil napas dalam-dalam sambil memikirkan: "Semoga aku bahagia, semoga aku sehat, semoga aku dicintai". Sambung dengan hembusan napas keluar sambil membayangkan orang yang kita kasihi. Bilang padanya: "Semoga kamu bahagia, semoga kamu sehat, semoga kamu dicintai".

  • Meditasi Zikir Pernafasan
Dilakukan sambil duduk bersila dilantai. Tarik nafas perlahan hingga memenuhi ruang paru paru, kemudian menahan nafas selama yang dapat dilakukan, seterusnyanya menghembuskan nafas perlahan hingga paru paru kosong, diulang hingga berkali-kali. Meditasi ini digunakan untuk menyatukan fikiran dan hati ketika berdoa atau berdzikir, sehingga bisa fokus pada kalimat dzikir atau doa yang dibaca didalam hati.

Tips dalam melakukan meditasi:

  • Pilihlah waktu terbaik. Waktu yang tepat untuk melakukan meditasi biasanya pagi atau malam hari. Sebab suasana pada waktu tersebut tenang dan minim gangguan sehingga mendukung meditasi
  • Pilihlah tempat dengan sirkulasi udara yang baik
  • Gunakan pakaian yang nyaman agar tidak mengganggu meditasi. Selain itu dalam bermeditasi sangat dianjurkan kaki dalam keadaan telanjang atau tidak menggunakan alas kaki
  • Imbangi dengan minum air putih secukupnya
  • Lakukan meditasi secara rutin

Itulah 6 jenis meditasi yang bisa merubah hidup kita. Berhasil tidaknya tergantung fokus kita dalam bermeditasi. Jika kamu punya banyak masalah, merasa stres, tidak bahagia, dan lain-lain, kamu bisa mencoba meditasi dan merasakan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "6 Jenis Meditasi Yang Bisa Merubah Hidup Kita"

Poskan Komentar