7 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Tanpa Kita Sadari


Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

7 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Tanpa Kita Sadari

Otak manusia merupakan bagian terpenting yang ada pada tubuh manusia. Karena otak merupakan pusat dan sumber berjalannya segala aktivitas yang ada di tubuh seseorang. Oleh karena itu jangan pernah menganggap remeh peranan otak manusia dan kita harus waspada terhadap 7 kebiasaan kita yang ternyata dapat merusak otak tanpa kita sadari.

7 kebiasaan yang dapat merusak otak tanpa kita sadari

  • Tidak sarapan
Tidak mengonsumsi suatu makanan di pagi hari memang dipercaya dapat membuat berat tubuh turun. Namun hal ini dapat menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah yang membuat berkurangnya asupan nutrisi pada otak. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka dapat berakibat pada kemunduran otak kita.

  • Kebanyakan makan
Makan memang merupakan hal yang sangat diperlukan manusia. Namun terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi atur pola makan kita mulai dari sekarang.

  • Merokok
Ternyata merokok tidak cuma berbahaya bagi paru-paru saja. Merokok juga dapat menyebabkan penyusutan otak yang akhirnya membuat otak kita kehilangan fungsi-fungsinya.

  • Jarang berbicara
Terlihat sepele memang, namun hal ini juga tidak baik bagi perkembangan otak, karena percakapan intelektual membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi sering-seringlah berbicara mengenai hal-hal yang beraneka ragam demi kesehatan otak kita.

  • Menutup kepala saat tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi bantal, guling, atau selimut sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar, dan lama-kelamaan otak menjadi rusak.

  • Berpikir terlalu keras
Otak juga memiliki batasan dalam bekerja. Jadi jangan paksakan otak untuk berpikir dan bekerja terlalu keras. Hal ini dapat membuat cara kerja otak semakin menurun setiap saatnya. Tidur cukup dan bersantai dapat membuat otak menjadi rileks dan segar kembali.

  • Polusi udara
Otak memerlukan oksigen. Terlalu lama berada di lingkungan berpolusi membuat kerja otak tidak efisien. Jadi jangan terlalu lama berada di lingkungan yang banyak polusinya.

Itu tadi 7 kebiasaan yang dapat merusak otak tanpa kita sadari. Terlihat sepele dan pasti sering kita lakukan bukan? Nah, setelah menjadi tahu maka hendaknya kita hindari agar otak kita tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "7 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Tanpa Kita Sadari"

Poskan Komentar