8 Jenis Kanker Yang Menyerang Pria


Kanker adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik (disebut metastasis).

Jangan dikira cuma wanita saja yang berpotensi menderita kanker, pria juga bisa menderita kanker. Bukan hanya kanker prostat saja tetapi juga jenis kanker lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis kanker apa saja yang biasanya menyerang pria, agar kita bisa tahu sedari dini.

8 Penyakit Kanker Yang Menyerang Pria

8 jenis kanker yang menyerang pria

  • Kanker prostat
Kanker prostat menjadi kanker yang paling sering menyerang pria. Resiko terserang penyakit ini lebih besar pada pria yang berusia 50 tahun ke atas. Kanker prostat bisa saja disembuhkan jika semakin cepat dideteksi dan dirawat. Sayangnya banyak pria yang seringkali merasa acuh tak acuh mengabaikan gejala penyakit mematikan ini. Adapun gejalanya adalah nyeri dan sulit saat buang air kecil, air kencing bercampur darah.

  • Kanker paru-paru
Rokok memiliki andil besar dalam menyebabkan pria mengalami kanker paru-paru. Lebih dari setengah miliar pria di dunia yang mengidap kanker paru-paru. Jumlah penderita kanker ini bertambah dari hari ke hari.

  • Kanker kulit
Pria adalah makhluk yang sangat jarang peduli pada kesehatan kulitnya. Lebih banyak wanita yang lebih perhatian pada kulit mereka. Oleh karenanya penyakit ini paling banyak menyerang pria daripada wanita. Kanker yang menyerang kulit ini bisa diobati jika berhasil dideteksi semenjak dini. Jadi untuk para pria, jagalah selalu kesehatan kulit kalian.

  • Kanker usus besar
Salah satu hal yang menjadi ciri kanker usus besar adalah pendarahan ketika buang air besar. Kanker jenis ini kerap menyerang pria yang berusia 50 tahun ke atas. Meskipun begitu kanker usus besar ini dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan saat masih muda dulu. Zat-zat yang bisa memicu kanker menumpuk dari hari ke hari dan kanker usus besar menyerang saat di usia tua.

  • Kanker usus
Alkohol menjadi penyebab utama kanker usus. Alkohol juga mengganggu kesehatan tubuh, liver, dan jantung. Sudah ada sekitar 1300 kasus orang-orang yang mengalami kanker usus di dunia setiap tahunnya. Seperti kita tahu, mayoritas kaum pria yang paling banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Kanker kandung kemih
Salah satu gejalanya adalah sering merasa sakit di bagian pelvis dan si penderita akan semakin sering buang air kecil. Seringkali para pria yang merasakan gejala seperti ini hanya mengabaikan saja. Jika merasa ada yang salah dengan pelvis, maka segera periksa ke dokter. Jika kanker kandung kemih bisa terdeteksi dan diobati semenjak dini, maka ada kemungkinan untuk sembuh.

  • Kanker pankreas
Kanker yang satu ini bisa dianggap berbahaya sekali. Karena jenis kanker ini tidakmembuat si penderita merasakan suatu gejala yang aneh. Biasanya kanker pankreas baru terdeteksi saat mencapai tahap sedang atau bahkan sudah tahap lanjut. Satu-satunya solusi adalah mengangkat pankreas dari tubuh si penderita.

  • Kanker penis
Kanker penis bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti sering merokok. Virus HPV (Human Papilloma Virus) menjadi penyebab utama penyakit yang satu ini. Para pria sering menyepelekan kesehatan dan kebersihan alat kelamin mereka. Padahal kalau pria menjaga kebersihan kelamin mereka maka resiko terserang kanker penis pasti berkurang.

Sekarang sudah tahu kan 8 jenis kanker yang menyerang pria. Gaya hidup dan pola makan yang sehat semenjak dini berperan penting di masa yang akan datang. Jadi usahakan untuk hidup sehat mulai sekarang. Agar tidak terserang penyakit kanker tersebut diatas dimasa tua nanti.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Jenis Kanker Yang Menyerang Pria"

Poskan Komentar