Manfaat Lilin Aromaterapi Berdasarkan Jenis Aromanya


Aromaterapi ialah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan alternatif dan kepercayaan kebatinan.

Berkaitan dengan aroma terapi ada 2 jenis lilin yang digunakan yaitu lilin untuk pemanas tungku dan lilin aromaterapi. Lilin yang digunakan untuk memanaskan tungku aroma terapi tidak memiliki wangi aroma terapi karena fungsinya adalah memanaskan tungku yang berisi aroma terapi essential oil. Sedangkan lilin aromaterapi adalah lilin yang jika dibakar akan mengeluarkan wangi aroma terapi.

Lilin aromaterapi merupakan sebuah benda yang dapat memberikan penggunanya ketenangan saat menyalakannya. Pengharum ruangan ini hadir dalam berbagai aroma dari minyak esensial yang terkandung pada masing-masing lilin sehingga menghasilkan wangi yang berbeda-beda.

Manfaat lilin aromaterapi ini ternyata memberikan dampak positif bagi tubuh si penggunanya tergantung dari wangi yang dihirup. Lilin aromaterapi tidak hanya digunakan di dalam rumah saja melainkan juga di tempat-tempat perawatan kecantikan, perawatan tubuh, pusat kesehatan, dan sebagainya. Agar manfaat lilin aromaterapi dari masing-masing aroma membawa dampak baik yang tepat untuk tubuh maka aromanya harus disesuaikan dengan manfaatnya.

Manfaat Lilin Aromaterapi Berdasarkan Jenis Aromanya

Manfaat lilin aromaterapi berdasarkan jenis aromanya

  • Aroma peppermint
Manfaat dari peppermint ternyata tidak hanya berguna untuk menyegarkan pernafasan melainkan juga untuk meredakan gangguan lambung, keluhan pusing, gatal-gatal, dan otot yang tegang bagi siapa saja yang menghirupnya. Sementara manfaat untuk para wanita yang sering mengalami nyeri menjelang haid, maka menyalakan lilin aromaterapi peppermint dapat membantu meredakan keluhan yang dirasakan.

  • Aroma lavender
Lavender digunakan pada banyak produk perawatan tubuh termasuk lilin aromaterapi, karena mampu memberikan banyak manfaat positif bagi penikmatnya. Tumbuhan lavender yang dijadikan sebagai lilin aromaterapi memiliki manfaat besar berupan kandungan antibakteri alami yang tidak hanya menangkal bakteri jahat yang ada pada permukaan kulit tetapi juga yang tumbuh di dalam tubuh, serta untuk meredakan gangguan pernafasan dan sakit kepala.

  • Aroma mawar
Mawar merupakan aroma yang banyak digunakan sebagai pengharum ruangan termasuk juga pada lilin aromaterapi. Keharumannya tidak hanya memberikan rasa tenang dan membangkitkan mood saja melainkan juga memberikan manfaat berupa membantu menyeimbangkan kinerja hormon dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur, serta meningkatkan daya penglihatan dan kesehatan kulit. Selain itu khusus wanita yang sedang mengalami haid, aroma dari lilin aromaterapi mawar ini dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dialami.

  • Aroma cemara
Sistem metabolisme terganggu? Sedang mengalami keracunan makanan? Nyeri sendi membuat aktivitas terganggu? Jika mengalami keluhan-keluhan tersebut maka segera nyalakan lilin aromaterapi cemara. Minyak esensial yang dihasilkan oleh pohon cemara memiliki manfaat yang sangat baik untuk meredakan gangguan kesehatan tersebut. Tidak hanya itu, saat mengalami gangguan pernafasan dan batuk yang tidak kunjung sembuh, hiruplah aromaterapi dari minyak cemara untuk melegakan pernafasan.

  • Aroma lada hitam
Siapa sangka jika di balik kemampuannya sebagai penyedap masakan, lada hitam juga memiliki manfaat dalam menyehatkan tubuh. Minyak dari lada hitam yang digunakan sebagai aromaterapi ini sangat bermanfaat dalam melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. Bahkan apabila sering mengalami kram otot dan nyeri sendi, dengan menghirup aroma lilin minyak lada hitam maka sakit yang dirasakan akan berkurang.

  • Aroma mandarin
Lilin aromaterapi mandarin ini memiliki manfaat menimbulkan rasa tenang pada tubuh. Seluruh tekanan seakan bisa keluar sehingga terasa lebih rileks. Nyalakan lilin ini saat sedang berendam air hangat. Usai melakukan relaksasi ini, pasti akan terasa lebih tenang dan fresh menyambut aktivitas esok hari.

  • Aroma tea tree
Mungkin kamu sering mendengar bahan alami ini untuk mengatasi masalah jerawat. Namun ternyata lilin dengan wangi tea tree ini ampuh meringankan gejala flu dan juga cukup ampuh untuk meningkatkan konsentrasi kerja saat sedang merasa malas. Aroma ini juga cocok digunakan ketika tidak enak badan sehingga membantu kita merasa lebih sehat.

  • Aroma sandalwood
Lilin aromaterapi dengan aroma kayu yang menenangkan paling cocok untuk meringankan stres dan tekanan yang dialami sehari-hari. Wewangian menyejukkan ini seakan membawa kita di tengah hutan yang sejuk dan alami.

  • Aroma sage
Lilin aromaterapi sage akan membantu kita menjadi rileks sehingga bisa mendapatkan tidur malam yang baik. Pastikan untuk memadamkan lilin sebelum kita benar-benar terlelap. Jika kamu  menderita insomnia, pertimbangkan untuk menyalakan lilin aromaterapi sage.

  • Aroma chamomile
Lilin aromaterapi chamomile juga merupakan pilihan yang sangat baik jika kamu perlu suasana rileks dan ingin mengurangi stres serta kecemasan.

  • Aroma eucalyptus
Kamu menderita pilek atau flu? Nyalakan lilin aromaterapi eucalyptus. Minyak esensial dari lilin ini tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meringankan masalah pernapasan.

  • Aroma geranium
Wanita bila menyalakan lilin aromaterapi geranium dapat membantu meningkatkan mood dengan memperbaiki keseimbangan hormon wanita.

  • Aroma jeruk
Lilin aromaterapi jeruk akan menyegarkan tubuh dari aktifitas seharian, sementara lilin aromaterapi lemon dapat membantu untuk membuat rileks panca indera kita.

Itulah manfaat lilin aromaterapi berdasarkan jenis aromanya. Menyalakan lilin aromaterapi pada saat kondisi tubuh sedang lelah, jenuh, ataupun saat kesehatan menurun merupakan pilihan yang tepat karena pikiran, otot, dan tubuh kita menjadi lebih rileks dan tenang. Lilin aromaterapi juga bisa membuat atmosfer rumah menjadi lebih nyaman serta baik untuk memperbaiki mood anggota keluarga. Tetapi ingat, pastikan untuk tidak membakar lilin aromaterapi tanpa pengawasan agar kita terhindar dari bahaya kebakaran.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Manfaat Lilin Aromaterapi Berdasarkan Jenis Aromanya"

Poskan Komentar