Manfaat Makan Beralas Daun Pisang


Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang dihidangkan dengan alas daun pisang. Tempat makan yang menjual nasi pecel, aneka penyetan, aneka nasi tradisional, nasi krawu, dan lain-lain, banyak dijumpai mengunakan alas daun pisang diatas tempat makanannya ataupun sebagai pembungkusnya. Selain terkesan alami dan nyaman, makan dengan alas daun pisang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat makan beralas daun pisang
  • Badan menjadi sehat
Daun pisang mengandung senyawa nabati bernama polifenol epigallocatechin gallate, seperti yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol ini merupakan antioksidan kuat alami yang menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit. Makanan yang ditaruh di atas daun pisang akan menyerap polifenol dari daun sehingga kita bisa menyerap nutrisi tersembunyi dari daun pisang tersebut. Bahkan daun pisang juga diklaim memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya penyakit atau gangguan pencernaan.

  • Menambah nikmat makanan
Daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang tidak berbahaya untuk tubuh. Justru lapisan lilin tersebut akan menambah nikmat rasa makanan dan meningkatkan nafsu makan untuk kita yang susah makan. Makanan panas atau hangat akan melelehkan lilin dan bercampur dengan makanan. Pasti kamu pernah merasakan suatu aroma khusus saat makan dengan alas daun pisang. Aroma sedap itu berasal dari lilin daun pisang yang meleleh. Makan menjadi lebih lahap bukan?

  • Higienis
Daun pisang hanya perlu dibersihkan dengan lap kain bersih basah untuk bisa digunakan. Jika kamu ragu dengan kebersihan suatu tempat makan, lebih baik kamu memilih makan dengan beralaskan daun pisang karena lebih bersih dari piring biasa. Ini dikarenakan daun pisang memiliki sifat antibakteri yang mencegah terjadinya penyakit.

  • Ramah lingkungan dan praktis
Daun pisang juga sangat praktis dan ramah lingkungan. Ini merupakan kelebihan utama makan dengan daun pisang. Kamu tidak perlu mencuci piring dan langsung membuang daun pisang setelah makan. Daun akan kering dan menyatu sendiri dengan alam. Tidak berisiko merusak lingkungan.

  • Bebas bahan kimia
Daripada tempat makan plastik, styrofoam dan kertas minyak, daun pisang lebih natural dan bebas risiko keracunan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Daun pisang tidak berbahaya bagi tubuh.

Itu tadi beberapa manfaat makan beralas daun pisang. Jadi kita tidak perlu gengsi atau malu jika makan di depan umum dengan beralaskan daun pisang. Bagaimanapun juga alas makan yang alami lebih baik daripada buatan pabrik. Lagipula dengan makan beralas daun pisang, maka kita sudah ikut melestarikan budaya makan Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Manfaat Makan Beralas Daun Pisang"

Poskan Komentar