Perbedaan beras plastik dan beras lokal

Makanan pokok warga negara indonesia khususnya adalah nasi jadi tanpa adanya beras maka orang indonesia masih akan tetap merasa lapar padahal mereka sudah memakan roti. Akhir – akhir ini ada berita bahwa ditemukannya beras plastik yang di campur dengan beras lokal. Pencampuran beras plastik dengan beras lokal bukan hanya terjadi di negara indonesia akan tetapi di beberapa negara asia seperti vietnam.

Sungguh ironis bukan ? Bayangkan saja jika semua penduduk indonesia memakan nasi yang bercampur plastik tersebut. Apa yang akan terjadi ? kondisi kesehatan khususnya seperti pencernaan pasti akan buruk bahkan bahaya dari beras plastik tersebut bisa mematikan. Oleh karena kewaspadaan sangatlah penting, anda harus bisa membedakan mana beras asli dan mana beras plastik. Berikut adalah perbedaan dari beras plastik dan beras lokal.

Perbedaan beras plastik dan beras lokal

1. Perbedaan Warna

Beras plastik memiliki warna yang bening dan beras lokal ( beras asli ) memiliki warna yang bening dan warna putih susu.

2. Ketika beras di rendam

Akan tampak sekali perbedaan beras plastik dan beras lokal (asli) ketika beras tersebut direndam. Jika beras plastik direndam tidak membuat air menjadi putih tetapi airnya tetap bening sedangkan beras lokal sebaliknya.

3. Bentuknya

Bentuk dari beras plastik rata sedangkan bentuk dari beras lokal ( asli ) sedikit gendut dan tidak mudah dipatahkan seperti pada beras plastik.

4. Ketika di masak

Beras lokal apabila dimasak pasti menimbulkan bau yang khas dari beras tersebut akan tetapi beras plastik akan menimbulkan bau plastik yang terbakar.

5. Setelah dimasak

Akan tampak perbedaan lagi ketika kedua beras tersebut telah dimasak. Jika beras plastik dimasak menjadi bubur maka beras tersebut sulit hancur ( tidak hancur menjadi bubur ). Padahal dalam waktu dan volume air tertentu maka beras sudah menjadi bubur.

Sangat mengerikan sekali jika bahan pokok yang dikonsumsi sehari hari ternyata adalah plastik. Oleh karenanya kewaspadaan harus di tingkatkan dan periksa barang terlebih dahulu sebelum membeli agar mengetahui perbedaan beras plastik dan lokal.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Perbedaan beras plastik dan beras lokal"

Poskan Komentar