Cara Mudah Merawat Batu Giok Aceh

Batu giok Aceh merupakan jenis batuan dari kelompok chalcedony yang sudah sangat populer dan memiliki ragam warna yang sangat indah. Batu dari Aceh yang dinilai baik jika memiliki warna hijau tua, kemungkinan besar beberapa diantara Anda juga ada yang memiliki batu giok ini. Akan tetapi masalahnya, batu tersebut masih belum terlihat hijau tua.

Meskipun Anda sudah sekian lama dalam menyimpan dan memilikinya tetapi tetap saja belum berubah. Sebenarnya terdapat treatment untuk menjadikan kualitas serta warna dari batu giok tersebut meningkat.

Trik Perawatan Sehari-hari Batu Giok Aceh

Beberapa hal penting sangat perlu untuk Anda perhatikan agar berhasil mendapatkan warna hijau tua pada batu giok kesayangan Anda, antara lain seperti:

1.     Untuk dapat memperoleh batu yang jauh lebih memuaskan, maka Anda melakukan metode perawatan yang menyerupai nuansa alam. Hal ini dikarenakan batu giok ternyata juga hidup, sama halnya seperti makhluk hidup lainnya. Jadi ketika Anda merawat batu giok tersebut, di waktu Anda menggosoknya jangan sampai terlalu lama. Karena dapat mengakibatkan warna dari batu semakin memudar dan mati.

2.     Pakailah batu giok kesayangan Anda setiap siang hari.
3.     Ketika Anda memakai batu giok tersebut, biasakanlah jika batu selalu dalam kondisi terkena air agar tetap basah.
4.     Ketika memakai batu giok, tentu saja batu akan terkena kotoran pada bagian permukaannya. Sehingga Anda harus membersihkan batu giok tersebut dengan cara mencuci atau mencoba membersihkannya menggunakan kit pasta maupun kain lembut. Dengan demikian batu giok kesayangan Anda akan kembali berkilau.

Cara Mudah Merawat Batu Giok Aceh

Rendam Batu Giok Aceh ke Dalam Air Kelapa

Selain dengan memperhatikan perawatan sehari-hari, Anda juga dapat melakukan perawata batu giok dengan merendamnya di dalam air kelapa. Kandungan yang ada di dalam air kelapa dipercaya mampu membuat proses perubahan warna atau perubahan menjadi semakin menua pada batu giok Aceh.

Lalu bagaimana cara tepat untuk merendam batu giok ke dalam air kelapa? Berikut merupakan cara atau langkah-langkah dalam merendam batu giok yang berasal dari Aceh menggunakan air kelapa:

1.     Siapkan air kelapa hijau dan wadah yang digunakan untuk merendam batu.
2.     Masukkanlah batu giok ke dalam wadah yang sudah Anda penuhi dengan air kelapa.
3.     Setiap satu jam sekali Anda harus mengambil untuk menjemur batu tersebut.
4.     Setelah dijemur sejenak, maka Anda harus merendamnya kembali.
5.     Ulang terus menerus cara tersebut hingga batu giok milik Anda terlihat lebih alami dan juga berganti warna semakin tua.

Sistem perubahan warna dengan perendaman batu giok Aceh dalam air kelapa memang sangatlah membutuhkan kesabaran ekstra. Umumnya dalam jangka waktu tiga bulan, batu kesayangan Anda akan menunjukkan pergantian warna dan terkesan lebih alami. Meskipun terbilang cukup lama, akan tetapi cara diatas dapat Anda manfaatkan untuk membantu proses perubahan dan penuaan warna dari batu giok kesayangan Anda.

Rendam Batu Giok Aceh Dalam Air Ph Tinggi

Air kelapa bukan satu-satunya bahan yang dapat digunakan untuk merendam batu giok, akan tetapi air dengan kandungan Ph yang tinggi juga akan menjadi alternatif untuk merendam batu giok yang berasal dari Aceh. Cara untuk melakukan perendaman menggunakan air Ph tinggi diantaranya yaitu:

1. Rendam batu giok milik Anda ke dalam air yang mengandung Ph 9. Sebagai contohnya yaitu air oksigen.
2. Diamkan paling tidak selama satu minggu.
3. Setelah Anda rendam batu tersebut selama satu minggu. Maka selanjutnya Anda perlu juga menjemur batu giok tersebut selama kurang lebih 3 jam.
4. Kemudian simpanlah batu tersebut di dalam tempat yang sejuk, akan tetapi jangan di dalam kulkas.
5. Lakukanlah proses perawatan menggunakan batu giok ini secara berulang-ulang.

Perhatikan perubahan yang terjadi pada batu giok hasil rendaman Anda, keberhasilan dari metode perawatan ini menunjukkan warna permukaan batu berubah menjadi semakin menua (hijau tua). Selain itu, tentunya batu giok kesayangan Anda juga akan terlihat semakin indah ketika dikenakan di jari tangan Anda.

Baca article lainnya : manfaat giok bagi kehidupan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Mudah Merawat Batu Giok Aceh"

Poskan Komentar