Makanan yang tepat untuk sahur, agar badan tetap sehat

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan ramadhan dimana saat itu adalah bulan yang penuh dengan berkah, bulan sejuta hikmah dan bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan ramadhan selalu di rindukan dalam lubuk hati setiap seorang muslim yang semata – mata karena alloh swt. Ketika kita memasuki bulan ramadhan pasti kita akan dihadapkan dengan kegiatan yang sangat jarang dilakukan pada bulan – bulan yang lain kegiatan itu adalah sahur. Sahur merupakan aktivitas makan dan minum pada saat menjelang fajar dan mempunyai hukum yang sunah yang dianjurkan.

Dengan sahur bisa menjadikan puasa kita semakin nikmat, dalam bulan ramadhan tidak hanya perlu melakukan kebaikan akan tetapi juga perlu melakukan pemilihan makanan yang tepat untuk sahur agar badan tetap sehat saat ramadhan.

Tubuh tidak hanya memerlukan makanan akan tetapi tubuh juga memerlukan nutrisi yang tepat dan seimbang. Oleh karena itu kita harus memperhatikan setiap makanan yang dimakan ketika sahur di bulan puasa agar badan tetap sehat. Berikut adalah makanan yang tepat untuk sahur agar badan tetap sehat saat ramadhan :

NASI DAN PENGGANTINYA

Sebisa mungkin sebaiknya anda harus makan makanan yang mengandung karbohidrat agar anda mempunyai cadangan energi yang cukup. Karbohidrat merupakan zat yang membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna. Oleh karena itu makan makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, nasi merah, roti gandum bisa dijadikan makanan yang tepat untuk sahur agar badan anda sehat saat ramadhan.

BUAH – BUAHAN

Makanan yang tepat untuk sahur

Buah – buahan juga sangat penting untuk anda konsumsi saat sahur karena dengan memakan buah akan memberikan  vitamin dan berguna untuk kesehatan khususnya menghindari sulitnya buang air besar. Biasanya dalam bulan ramadhan identik dengan buah kurma, buah kurma kaya akan potassium yang membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik sehingga saat menjalani puasa ramadhan mengurangi rasa lemas.

SAYURAN

Seperti halnya buah – buahan dengan  mengkonsumsi sayur sayuran bisa menambah cadangan vitamin dan menjaga kesehatan terutama dalam masalah buang air besar ketika bulan ramadhan. Sayuran bisa menghindarkan dari susah buang air besar karena sayuran mengandung serat.

DAGING, AYAM, IKAN

Dengan mengkonsumsi daging, ayam atau ikan dapat memberikan sumber protein yang cukup bagi tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Demikian adalah makanan yang tepat untuk sahur agar badan tetap sehat saat bulan ramadhan. Selamat menjalankan bulan ramadhan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Makanan yang tepat untuk sahur, agar badan tetap sehat"

Poskan Komentar