Penyebab dan cara mencegah bau mulut saat puasa

Penyebab dan cara mencegah bau mulut saat puasa adalah masalah yang sering di hadapi setiap orang dalam melakukan ibadah puasa. Bau mulut memang mempengaruhi aktivitas keseharian anda karena anda tidak percaya diri karena aroma mulut yang timbul dari mulut sendiri sehingga mengganggu komunikasi dengan orang lain. Bau mulut memang bukan masalah yang sangat penting akan tetapi banyak orang yang mengeluhkan karena mengurangi rasa percaya diri disaat bertemu dengan orang lain.

Disini ada beberapa penyebab dan cara mencegah bau mulut saat berpuasa:
 cara mencegah bau mulut saat puasa

1. Kurangnya produksi saliva ( air liur )

Penyebab bau mulut ketika anda sedang berpuasa maka sudah normal jika mulut kita akan sedikit memproduksi saliva yang menyebabkan perkembangan bakteri akan semakin cepat dari biasanya. untuk menghindari bau mulut karena kekurangan produksi saliva atau air liur maka sebaiknya mengkonsumsi air mineral dengan cukup. karena air dapat membantu produksi saliva atau air liur.

2. Tidak teratur menggosok gigi dan lidah

Selain minum air mineral Untuk menghindari dan mengurangi  bau mulut yang di sebabkan oleh bakteri karena adanya sisa sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah sebaiknya anda rajin menggosok gigi dan lidah anda setelah anda makan, mengurangi makan makanan yang lengket seperti coklat dan permen.

3. Merokok

Merokok bisa menyebabkan bau mulut yang sangat menyengat ketika siang hari saat anda berpuasa. Oleh karena itu kurangi bahkan jika bisa hindari merokok saat puasa selain itu anda bisa minum teh hijau tanpa gula. Teh hijau mempunyai kandungan zat polyhenol yang sangat membantu membunuh bakteri  pada mulut yang menyebabkan bau mulut dampak merokok.

4. Gigi berlubang

Sakit gigi bisa menimbulkan bau mulut karena bersarangnya baktri pada sisa sisa makanan yang mengendap di lobang gigi. Gigi yang tidak terawat akan menimbulkan pengumpulan nanah dan didalamnya ada pertumbuhan bakteri yang menimbulkan bau mulut. Apa lagi jika ditambah dengan berpuasa maka bau mulut akan semakin parah jika tidak rajin – rajin merawat gigi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wasalamualaikum wr. Wb

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penyebab dan cara mencegah bau mulut saat puasa"

Poskan Komentar