10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vocal dalam format solo, duo trio quartet qwintet dst sampai dengan orchestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya.

Sementara orang yang membuat lagu atau melodi saja disebut sebagai pengarang lagu, dan yang membuat iringan lagu disebut sebagai arangger.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang 10 komponis terbaik sepanjang sejarah.


1. Johann Sebastian Bach 

Johann Sebastian Bach : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Johann Sebastian Bach (lahir di Eisenach, Jerman, 21 Maret 1685 – meninggal 28 Juli 1750 pada umur 65 tahun) adalah seorang komponis terbaik Jerman. Ia menggubah musik untuk alat musik organ, harpsichord, clavichord, dan juga untuk orkestra. Ia telah menggubah lebih dari 1000 lagu, 500 karyanya yang lain tidak dapat diselamatkan. Set lagu oleh Bach Brandenburg Concertos, lagu gereja Mass in B minor, adalah yang paling terkenal.


2. Wolfgang Amadeus Mozart 

Wolfgang Amadeus Mozart : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis terbaik. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis terbaik musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara.

3. Ludwig van Beethoven 

Ludwig van Beethoven : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis terbaik dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.
Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.


4. Wilhelm Richard Wagner 

Wilhelm Richard Wagner : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Wilhelm Richard Wagner (lahir 22 Mei 1813 – meninggal 13 Februari 1883 pada umur 69 tahun) adalah seorang komponis terbaik Jerman, pakar teori musik, dan penulis, namun paling terkenal melalui karya operanya. Musiknya masih sering dimainkan, yang paling terkenal adalah "Ride of the Valkyries" dari Die Walküre dan "Bridal Chorus" dari Lohengrin. Wagner juga merupakan seorang tokoh yang sangat kontroversial, karena inovasi musik dan inovasi dramanya dan juga karena dia adalah seorang pendukung pemikiran-pemikiran anti-semitisme. Dalam sejarah musik, dia digolongkan sebagai komponis terbaik dari Zaman Romantik.


5. Franz Schubert 

Franz Schubert : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Franz Schubert (31 Januari 1797-19 November 1828) adalah komponis berkebangsaan Austria.
Lagunya yang pertama dihasilkan pada usia 17 tahun, berjudul Gretchen at the spinning whell.
Karya-karya Schubert meliputi karya-karya musik dalam berbagai bentuk untuk orkes dengan ukuran yang berbeda-beda. Ia telah menulis 100 lagu. Diantaranya yang sampai sekarang dianggap paling baik, yaitu Ave Maria, Who is Sylvia?, The Trout, dan Serenade. Franz Schubert meninggal pada usia 31 tahun, tetapi ia sudah menghasilkan hampir 1.000 karya musik.


6. Robert Schumann 

Robert Schumann : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Robert Schumann (lahir di Zwickau, 8 Juni 1810 – meninggal di Bonn, 29 Juli 1856 pada umur 46 tahun) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis terbaik musik Romantik Eropa yang terpenting, serta seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Seorang cendekiawan serta bersifat estetikus, musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi. Mawas diri dan sering bertingkah, karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk dan struktur klasik yang dia pikir terlalu membatasi.


7. Fryderyk Franciszek Chopin 

Fryderyk Franciszek Chopin : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Fryderyk Franciszek Chopin lahir di Zelazowa Wola, dekat Warsawa, Polandia tanggal 1 Maret 1810.

Chopin memiliki bakat alamiah dalam bermain piano, hal ini terlihat dalam improvisasi-imporivasinya untuk piano. Komposisi pertama yang dia buat adalah Polonaisen g-Minor dan Bes-Mayor. Pada umur delapan, dia tampil di depan publik dengan memainkan piano konserto milik Gywortez. Chopin mendapatkan pendidikan musik pertamanya oleh pianis Bohemia Adalbert Żiwny.


8. Franz Liszt 

Franz Liszt : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Franz Liszt (Ferenc Liszt) adalah seorang komponis terbaik, pianis, pengaba, dan guru musik asal Hungaria pada abad ke-19. Semasa hidupnya, Liszt menulis sekitar 700 komposisi musik, termasuk di dalamnya lagu gerejawi dan puisi simfonis. Selain itu, Liszt juga telah mengajar 400 murid dan memperkenalkan bentuk musik baru di era Romantisisme serta merupakan salah satu pianis terbesar dalam sejarah.


9. Johannes Brahms 

Johannes Brahms : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Johannes Brahms (lahir di Hamburg, 7 Mei 1833 – meninggal di Wina, 3 April 1897 pada umur 63 tahun) adalah seorang komponis dan pianis dari Jerman, salah satu musisi utama pada zaman Romantik. Brahms lahir di Hamburg, Jerman, namun kemudian banyak berkarya di Wina, Austria. Pada masa hidupnya, Brahms sangat populer dan berpengaruh dalam dunia musik.

Brahms membuat komposisi musik untuk piano, ansambel musik kamar, orkestra simfoni, dan untuk penyanyi serta paduan suara. Banyak karyanya merupakan bagian dari repertoar standar konser klasik hingga saat ini. Salah satu karyanya yang paling terkenal ialah Wiegenlied, Op. 49 No. 4 .


10. Giuseppe Fortunino Francesco Verdi 

Giuseppe Fortunino Francesco Verdi : 10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah

Giuseppe Fortunino Francesco Verdi (lahir di Le Roncole, 10 Oktober 1813 – meninggal di Milan, 27 Januari 1901 pada umur 87 tahun) adalah komponis Italia dari era Romantik yang terutama dikenal dengan opera-opera ciptaannya.

Namanya disejajarkan dengan Richard Wagner sebagai komponis terbaik opera paling berpengaruh pada abad ke-19, dan mendominasi dunia musik Italia setelah Bellini, Donizetti, dan Rossini. Karya-karyanya sering dipentaskan di teater opera di seluruh dunia. Beberapa lagu dari opera-opera ciptaannya telah diserap ke dalam budaya populer, di antaranya lagu-lagu seperti "La donna è mobile" dari opera Rigoletto, "Libiamo ne' lieti calici" (The Drinking Song) dari opera La traviata, "Va, pensiero" (The Chorus of the Hebrew Slaves) dari Nabucco, "Coro di zingari" dari Il trovatore dan "Grand March" dari Aida.

Itulah data 10 Komponis Terbaik sepanjang sejarang yang dapat kami berikan buat Anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "10 Komponis Terbaik Sepanjang Sejarah"

Poskan Komentar