Bahan baku lampu obor jaman dulu, mau tahu ?

Sekedar mengingat masa lalu dimana listrik belum ada dan lampu penerangan hanya menggunakan obor, lentera, sentir, dian, beda -beda menyebutnya. Jaman dulu bor biasanya digunakan untuk penerangan saat bepergian agak jauh dari rumah, karena jalanan gelap juga agar terhindar dari bahaya tergigit ular. Bahan baku obor jaman dulu ini sangat mudah di dapat bagi Anda yang ingin coba membuatnya, kali aja sewaktu-waktu mati lampu dan tidak ada lilin atau senter.

Bahan baku lampu obor jaman dulu :

1. Bambu basah atau kering

Bambu ini sebagai tempat untuk meletakkan sumbu agar mudah dibakar dan sebagai pengangan saat obor dinyalakan. Jangan lupa lubangi bagian ruas bambu yang belum bolong menggunakan besi atau lainnya, dari bagian atas. tapi lebih baik usahakan cari bambu yang antara ruas 1 ke 2 panjang, jadi tidak perlu membuatnya bolong.

Bahan baku lampu obor jaman dulu

2. Kain bekas atau sejenisnya untuk sumbu

Kain dipotong seperlunya untuk bahan sumbu pengapian, sebaiknya gunakan kain bekas yang bahannya tidak mengandung plastik agar sumbu tidak cepat habis. Gunakan kain yang bahannya hanya berupa benang saja untuk membuat sumbu obor.

Usahakan panjang sumbu dari kain tersebut sampai ke dasar bambu agar dapat menyerap minyak sampai dasar.

3. Minyak Tanah

Minyak tanah biasa yang digunakan untuk memasak memakai kompor sebelum ada kompor gas. Minyak tanah mungkin sekarang ini susah di dapat tapi ada kemungkinan masih ada yang menjualnya.

Selain minyak tanah untuk bahan baku lampu obor bisa juga menggunakan minyak alternatif lainnya. Misalnya minyak jarak. Yang penting jangan pake bensin..

Cara pemakaian lampu obor :

Jika dinyalakan api lama - lama mengecil cukup miringkan obor atau balikkan kebawah ( bagian atas ada dibawah - begitu juga saat pertama kali akan dinyalakan ). Waktunya sebentar aja, karena tujuannya agar minyak tanah mengena sumbu obor kembali, dengan begitu nyala obor akan terang kembali.

Itulah info bahan baku lampu obor jaman dulu yang dapat kami bagi buat Anda yang ingin mengetahuinya. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Bahan baku lampu obor jaman dulu, mau tahu ?"

Poskan Komentar