3 Metode beternak kroto atau Semut Rangrang

Tidak banyak yang tahu tentang  manfaat dan kegunaan dari telur semut Rangrang, begitu pun dengan metode beternak Kroto tersebut. Kroto adalah telur semut Rangrang yang bisa buat makanan burung peliharaan. Selain langka Kroto ini sangat mahal harga nya.

Pencinta burung dan hobby dengan burung peliharaan mereka biasanya mencari Kroto sebagai salah satu pakan Burungnya.

Yang gunanya adalah untuk merangsang agar supaya Burung cepat berkicau atau suaranya bagus, Biasanya ini juga berlaku untuk sejenis burung yang suka dilombakan.

3 Metode beternak kroto atau Semut Rangrang

Disini saya akan membahas cara atau Metode beternak Kroto sebagai berikut   :


1. Metode tradisional.

Dalam metode beternak kroto dengan cara tradisional ini hampir tidak ada campur tangan Manusia secara langsung, Semut dibiarkan berkembang biak sendiri manusia hanya mengambil hasilnya saja.

Misalkan  yang sekarang sering dilakukan oleh pemetik Kroto mereka hanya mencari Batang atau pohon yang ada sarang Semutnya untuk mengambil Krotonya dengan cara seperti ini hasil terkadang tidak banyak dan merusak Koloni semut dan hasilnya pun tidak dapat di Prediksi, masih terpengaruh dengan kondisi Alam,harus mencari sampai ke hutan-hutan.

2. Metode Semi Tradisional.

Dalam Metode ini sedikit sudah ada campur tangan manusia tapi masih banyak bergantung terhadap kondisi alam Agar kelestarian Semut tetap bisa terjaga.

Biasanya yang memakai metode ini adalah petani untuk menjaga pohon di kebunnya supaya tidak diserang hama biasanya si petani akan menjaga dan memberikan Semut Rangrang untuk pindah dan berkembang biak ditempat yang baru selain itu si petani juga akan memberi makan semut dengan makanan sisa-sisa dapur.

Metode ini juga masih perlu kembangkan karena biasanya hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan dan akan butuh waktu yang akan lama si semut akan sulit untuk berkembang biak dan disamping itu butuh perhatian khusus agar semut tidak diserang predator lain.

3. Metode Modern

Untuk menyempurnakan dua metode diatas metode ini lah yang paling cocok untuk peternak Mengembang biakan Semut Rang-rang atau Kroto disamping hasilnya bisa di prediksi modalnya tidak perlu Mahal.

Disini semut akan tergantung dengan manusia mulai dari makanannya sampai tempat tinggalnya.

Keuntungan nya adalah  :

- Tidak perlu tempat yang luas.
- Modal kecil.
- Biaya perawatan juga minim.
- Hasil sudah bisa di Prediksi
- Masa panen bisa diatur
- Semut sudah di lokalisasi dan tidak bisa kemana-mana.
- Tidak tergantung dengan kondisi cuaca Alam.
- Menghasilkan Kroto dengan hasil yang sempurna.

Itulah 3 metode beternak kroto atau semut rang-rang yang dapat saya bagikan disini datanya. Article selanjutnya adalah tentang media alat yang digunakan untuk beternak kroto.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "3 Metode beternak kroto atau Semut Rangrang "

Poskan Komentar