Kepemimpinan yang di landas kan kepercayaan

Di dalam dunia kerja sekarang ini terjadi banyak perubahan, kalau dulu dunia kerja dipengaruhi oleh era industrialisasi,pembagian kerja,Matrix organisasi dan lain-lain.maka sekarang ini tidak bisa begitu lagi karena saat ini telah masuk ke era IT ( Information Teknology ).

Dengan demikian era IT ini membutuhkan Leader di semua lini,pola kerja sudah berubah.
Dibutuhkan kemandirian management kalau dulu buruh di ajak berkumpul di beri ceramah lantas selesai,sekarang tidak lagi jika anda melakukan hal itu bisa jadi anda kena lemparan botol minuman .

Jadi apa yang membedakan konsep-konsep kepemimpinan cara lama dengan yang sekarang konsep lama yaitu objektif dan control sedangkan yang sekarang you gain trust,not respect.
Esensi kepemimpinan adalah trust bukan respect maka anda tidak perlu memaksakan putusan anda dan anda tidak usah menggunakan power anda setiap waktu.

Kepemimpinan yang di landas kan kepercayaan

Ada orang yang mampu menyampaikan pesan kepada bos tanpa di hantui rasa takut terhadap kekuasaan,bos mendengar kan ketika ada rasa percaya kepada seseorang.
Trust berpengaruh untuk mengimbangi power baiknya anda bisa mengimbangi kekuasaan ke pemimpinan otoritas anda kepada anak buah, ini bearti kunci trus mengikat seseorang atau kelompok.

Trust adalah sebuah hubungan yang ditimbulkan dari interest orang lain kepada anda.

Trust ini sangat penting untuk di ciptakan kalau tidak anda akan menjadi korban kekuasaan atau power.

Mengapa kita tidak bisa memakai power setiap waktu ?

Karena begini loh, karena alam itu bekerja secara otomatis misalkan burung membuat sarang, mencari makan memberi makan kepada anak-anak nya.Walau pun burung itu ketika mencari makan menghisap sari bunga namun hikmahnya ketika burung berpindah dari bunga yang satu ke bunga yang lain terjadi lah pembuahan. Sehingga bunga pun bisa menjadi buah.

Nah anda tidak perlu pakai power bukan ? karena semua nya alami.jadi kadang kita tidak sadar bahwa power itu tidak lah alami,ketika seorang manajer keluar dan mengundurkan diri dari suatu perusahaan apa yang dia dapat di alam bebas kadang mereka tidak diterima sebahagian masyarakat.

Nah disini anda mengerti yang tidak alami tidak lah  bisa berkesinambungan ibarat hanya jago kandang saja. Maka bangun lah kepercayaan karena kepemimpinan yang berdasar kan kepercayaan itu yang alami dan bisa bertahan lebih lama jangan gunakan power atau kekuasaan karena bukan nya disenangi bawahan malah akan di benci.

Bagaimana caranya membangun Trust ??

Yakni dengan cara memindahkan sudut pandang, jangan menggunakan sudut pandang anda gunakan lah sudut pandang orang lain misalkan anda menelpon seseorang anda bilang begini,begitu lah ? orang lain malah mendengar kan nya setengah hati malah mereka bilang "emank saya pikirin " ??
jadi selama kita masih mau memikir kan kepentingan orang lain makanya komunikasi akan jalan dengan lebih baik.

Jadi dunia ini seperti Yin danYang  bila anda banyak menggunakan unsur aktif maka dunia semangkin menjauh,sebaliknya gunakan unsur pasif seperti hal nya daya tarik seperti daya tarik terhadap wanita.

Jika ingin menjadi pemimpin yang disenangi dan disegani anda harus bisa menempatkan diri pada perasaan orang lain,anda mengerti minat kepentingan orang lain dan masuk menjadi satu pihak dengan mereka.

Leadership by Trust ini apabila akan berhasil anda harus menerapkan kepemimpinan dengan gaya melibatkan orang lain interes terhadap mereka peduli dengan keperluan dan kebutuhan mereka menolong apa yang menjadi kebutuhan mereka.

Misalkan bila anada di angkat menjadi pemimpin apakah anda langsung menyuruh,memerintah atau menolong mereka terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika membantu dan menolong orang lain antara lain  :

1.    Apakah anda menyadari dan memahami permasalahan yang di alami orang lain ?
       ini yang paling sulit karena biasa nya sesorang itu egosentrismaka dia pun tidak tau dan tidak              mau tau permasalahan orang lain.
2.    Apakah anda mengerti solusi yang akan bisa di tawarkan ?? Belum tentu kita paham solusi nya            maka ketika memberi pertolongan kepada seseorang itu adalah hal yang sangat baik.
3.    Apakah pihak lain mau mengutarakan permintaan pertolongan tersebut  ?? keikhlasan seseorang        untuk mengajukan permntaan tolong itu adalah benar-benar murni dari hati maka kita juga harus        lah membersihkan  hati supaya orang lain mau meminta bantuan pertolongan kepada anda.

Demikian lah uraian singkat dari Leadership by Trust kepemimpinan yang di dasarkan kepercayaan untuk anda baca dan mungkin bisa anda terap kan bagi anda seorang Leader.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kepemimpinan yang di landas kan kepercayaan"

Poskan Komentar