Sayang Atau Posesif? Tips Menghadapi Pasangan Posesif


Hubungan asmaramu tiba-tiba berubah menjadi mimpi buruk? Momen romantis sepertinya bukan lagi bagian dalam hubungan cintamu. Kekasihmu tenggelam dalam rasa curiga dan takut kehilanganmu secara berlebihan. Dia berubah menjadi selalu ingin tahu semua kegiatanmu, siapa teman-temanmu, dan diapun bertingkah seperti polisi yang selalu mempertanyakan semua gerak gerikmu di luar sana disertai prasangka-prasangka negatif, dan yang paling parah dia selalu mencemburui semua teman dekatmu.

Inilah tanda bahwa kekasihmu adalah seorang yang posesif, ingin mengusai dirimu, dan tidak ingin membagimu dengan dunia luar. Posesif adalah sifat ingin memiliki sesuatu dan setiap manusia memiliki sifat demikian.

Dalam porsi yang wajar sifat ini justru membuahkan hal-hal positif karena sebagai ungkapan rasa cinta dan kasih sayang. Tapi jika porsinya sudah over atau berlebihan maka menjadi mimpi buruk bagimu. Kamu akan terus-menerus gelisah dengan sikap pencemburunya.

Kamu akan selalu dihantui rasa takut akan reaksinya dalam berbagai situasi dan kemudian kamupun mulai berusaha menutupi banyak hal untuk menghindari kecurigaan dan kecemburuan pasanganmu. Meskipun cara ini terlihat tepat, namun dalam jangka panjang akan semakin memperburuk hubungan yang terjalin.

Pasangan yang posesif ternyata tidak merasa bahwa sikapnya membawa masalah. Rasa empatinya sangat kurang karena dia lebih mementingkan dirinya sendiri atau perasaannya daripada hal-hal lain. Pemicu sifat posesif yang berlebihan ini biasanya disebabkan faktor traumatik, konsep diri yang rendah atau kurang percaya diri.
Sayang Atau Posesif? Tips Menghadapi Pasangan Posesif

Jika kamu punya pasangan yang sangat posesif tetapi kamu sangat mencintainya dan menganggap cinta kalian layak untuk dipertahankan, berikut tips menghadapi pasangan posesif.

  • Pasangan yang memiliki rasa curiga yang tinggi cepat atau lambat akan menciptakan sebuah hubungan layaknya neraka. Jika kamu tidak ingin terperangkap dalam hubungan seperti ini maka buatlah dia merasa aman dan percaya dengan hubungan kalian. Diskusikan secara terbuka mengenai rasa curiganya itu dan tunjukkan bahwa kamu memahaminya. Buat dia percaya bahwa kamu tidak akan pernah selingkuh dan merusak kepercayaannya.
  • Mengenalkan pasangan ke semua temanmu merupakan keharusan sebelum dia menjadikan teman-temanmu sebagai target cemburu butanya. Ajak pasanganmu menjadi bagian dalam kelompokmu sekaligus tunjukkan bahwa dirinya paling spesial dibanding teman-temanmu yang lain. Jangan sekali-kali kamu mengacuhkan dirinya terlalu lama karena asyik ngobrol dengan salah satu temanmu.
  • Ketika pasangan mulai memonopoli semua waktumu dan tidak menyisakan sedikitpun ruang pribadi buatmu, perlahan tapi pasti akan meretakkan hubungan yang terjalin. Kamu harus mampu menjelaskan padanya bahwa kebutuhan akan waktu pribadi sama sekali bukan berarti kamu ingin menjauh atau bosan menghabiskan waktu bersamanya. Buatlah dia mengerti bahwa dia juga membutuhkan waktu pribadi yang sama, baik sekedar menikmati hobi dan kegemarannya atau berkumpul bersama sahabat dan keluarganya.
  • Berbohong sekecil apapun akan fatal bagi hubungan kalian. Sangatlah bijak untuk selalu jujur apa adanya meskipun kejujuranmu mungkin akan membuatnya marah-marah dan berujung pada pertengkaran. Hadapi saja daripada berbohong yang suatu saat akan menjadi bumerang buatmu.
  • Habiskanlah waktu yang berkualitas ketika bersama pasanganmu. Berikan perhatian lebih untuknya. Buat dia merasa bahwa kamu sangat menikmati waktu bersamanya dan semua perhatianmu hanya untuk dirinya seorang.

Nah, semoga tips diatas mampu menghilangkan sifat posesif pada pasanganmu. Sangat sayang dan cinta pada suatu hubungan asmara itu dibutuhkan, tetapi jika sampai timbul rasa kehilangan yang berlebihan itu tidak wajar. Jika kamu sudah melakukan yang terbaik untuk hubungan kalian dan diapun masih tetap posesif, maka sebaiknya segera akhiri hubungan kalian demi kenyamanan kalian berdua.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sayang Atau Posesif? Tips Menghadapi Pasangan Posesif"

Poskan Komentar