10 Tips Merawat Rambut Wanita Berjilbab


Memiliki rambut sehat dan indah adalah dambaan setiap wanita. Untuk wanita muslim yang memakai jilbab terkadang mempunyai banyak masalah pada rambutnya. Entah itu rambut rontok, rambut berketombe, rambut bau tidak sedap, kulit kepala berkeringat, rambut kucel dll.

Permasalahan itu muncul dikarenakan rambut yang selalu tertutup jilbab, sehingga sedikit mendapat udara. Tetapi jika kita tahu cara merawat rambut yang benar untuk kita yang memakai jilbab, maka kita akan mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Mau punya rambut yang sehat dan indah seperti bintang iklan shampo di tv? Yuk ikuti 10 tips merawat rambut wanita berjilbab berikut ini:

10 Tips Merawat Rambut Wanita Berjilbab


  • Keramas seminggu 3 kali
Bersihkan rambut dengan keramas rata-rata 3 kali dalam seminggu. Keramas tiga kali seminggu ini membuat rambut cenderung lebih bersih dan lebih harum. Untuk jadwal keramas ini kamu bisa mengatur jadwal dua hingga tiga hari sekali. Misalnya Rabu, Jum’at, dan Minggu. Khusus hari Jum’at, sebagian ulama berpendapat wanita juga mendapatkan pahala sunnah jika melaksanakan mandi Jum’at.

  • Pilih shampo yang tepat
Pilih shampo yang tepat ketika keramas agar rambut lebih terawat. Shampo yang tepat adalah shampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Apakah rambutmu tergolong kering, berminyak, dll. Kamu bisa melihat jenis sampo ini pada tulisan di kemasannya.

  • Gunakan kondisioner
Agar rambut lebih sehat, halus dan lembut, kamu bisa gunakan kondisioner seminggu sekali. Kamu bisa memakainya setelah membilas shampo, lalu mendiamkannya selama 10-15 menit agar kondisioner bekerja dengan baik. Kondisioner ini berfungsi mengembalikan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala, merapikan kutikula, dan membuat rambut mengembang berkilau.

  • Menyisir rambut
Untuk membuat rambut lebih rapi, biasakanlah menyisir rambut secara teratur. Tentu saja aktifitas ini kamu lakukan ketika berada di rumah, pada saat jilbab sudah dibuka. Menyisir dapat membantu mencegah rambut agar tidak kusut.

  • Rambut kering baru memakai berjilbab
Pastikan rambutmu kering, baru mengenakan jilbab. Sebab rambut yang basah dan lembab dapat menyebabkan ketombe. Jadi setelah keramas, kamu bisa mengeringkannya dengan handuk lalu menunggunya beberapa saat sampai benar-benar kering. Kita bisa mengatur waktu keramas lebih pagi sehingga punya waktu yang cukup sebelum memakai jilbab dan keluar rumah.

  • Hindari pengering rambut
Rambut harus kering sebelum memakai jilbab. Tetapi untuk mengeringkan rambut hindari menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Sebab pengering rambut dapat menyebabkan rambut rontok dan patah-patah, apalagi jika pemakaiannya terlalu sering.

  • Pakai jilbab berbahan katun atau kaos
Kamu bisa memilih jilbab berbahan katun atau kaos. Sebab pori-pori jilbab berbahan katun atau kaos lebih mudah melancarkan udara sehingga sirkulasi untuk rambut dan kulit kepala lebih terjaga.

  • Pakai jilbab dengan warna lembut
Pada saat cuaca panas, pakailah jilbab dengan warna lembut. Warna lembut lebih sejuk bagi rambut dan kulit kepala. Sedangkan warna hitam justru menyerap panas.

  • Istirahatkan rambut
Saat berada di rumah, biarkan rambutmu terurai tanpa jilbab dan tanpa diikat. Dengan begitu rambut bisa beristirahat dan bersantai sehingga lebih terjaga kesehatannya.

  • Protein, vitamin B1, vitamin B12, dan vitamin C
Konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein, vitamin B1, vitamin B12, dan vitamin C, karena bagus untuk menjaga rambut sehat dan kuat.

Nah itu tadi 10 tips merawat rambut wanita berjilbab. Rambut sehat dan indah bisa kamu miliki walaupun kamu memakai jilbab. Ingat, kebersihan itu sebagian dari iman, oleh karenanya penting juga untuk memelihara kesehatan dan kebersihan rambut kita, walaupun rambut kita tidak terlihat dari luar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "10 Tips Merawat Rambut Wanita Berjilbab"

Poskan Komentar