Makanan Penyebab Kanker Yang Tidak Kita Sadari


Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti sebagian besar manusia. Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. Kanker ada yang menimbulkan tumor dan ada juga yang tidak.

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Pasien kanker dapat dirawat dan disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Kanker biasanya berhubungan dengan faktor lingkungan. Contohnya gaya hidup, kebiasaan pola makan, dan faktor keturunan.

Tahukan kamu ternyata ada beberapa makanan yang kita makan setiap hari yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Kita tidak menyadarinya dan mungkin sampai sekarang masih kita konsumsi. Apa saja jenis makanan tersebut?

Makanan Penyebab Kanker Yang Tidak Kita Sadari

Makanan penyebab kanker yang tidak kita sadari

  • Daging olahan
Makanan seperti ham, kalkun, daging, sosis, dan bahkan hot dog, sarat dengan bahan pengawet kimia yang membantu daging untuk tampil segar. Pengawet ini dapat menyebabkan kanker dalam tubuh manusia. Zat natrium nitrat dan natrium nitrit dalam daging olahan dapat meningkatkan penyakit kanker usus besar.

  • Minuman bersoda
Cairan dalam minuman soda kaleng cenderung sarat dengan gula, bahan kimia makanan, dan pewarna yang semuanya dapat mengasamkan tubuh dan memicu pertumbuhan sel kanker.

  • Popcorn
Zat kimia dalam pengembang popcorn dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang memicu terjadinya kanker paru-paru.

  • Makanan diet kemasan
Makanan diet kemasan mengandung sukralosa, sakarin, dan pemanis buatan yang selalu dikaitkan dengan penyebab kanker.

  • Gula diet
Gula diet dapat mengakibatkan lonjakan kadar insulin yaitu menyebabkan sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

  • Daging merah
Konsumsi daging merah dapat memicu perkembangan kanker kolorektal atau usus besar.

  • Buah kotor yang belum dicuci
Buah-buahan yang tidak dicuci, dapat terkontaminasi oleh pestisida penyebab kanker.

  • Saus tomat kalengan
Saus tomat kalengan mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai bisphenol-A atau BPA. Bahan kimia ini sangat beracun bagi tubuh manusia dan akan mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Ikan salmon yang dikembangkan secara massal
Lebih dari 60 persen dari salmon yang dikonsumsi manusia, dikembangbiakkan di sebuah peternakan khusus. Ikan ini diberi makanan yang penuh dengan bahan kimia, antibiotik, pestisida, dan zat karsinogen.

  • Keripik kentang
Keripik kentang mengandung akrilamida yaitu zat karsinogenik yang akan diaktifkan bila makanan dipanaskan sampai suhu tinggi melalui proses memanggang atau menggoreng.

  • Minyak terhidrogenasi
Hidrogenasi merupakan proses kimiawi untuk mengubah minyak nabati dalam bentuk cair menjadi padat. Caranya dengan menambahkan ion hidrogen dalam temperatur dan tekanan tinggi. Contoh minyak terhidrogenasi adalah margarin dan mentega. Minyak seperti ini telah rusak membran selnya dan mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh.

  • Makanan yang diasinkan, diasap, atau acar sintetis
Penggunaan nitrat atau nitrit dapat memicu kanker tertentu dalam tubuh. Contohnya ikan asin, ikan bakar, sate dll.

  • Pemanis buatan
Aspartam yaitu zat kimia dalam pemanis dapat menyebabkan kejang pada beberapa orang. Bahan kimia ini bila dipecah dalam tubuh menjadi racun mematikan penyebab tumor.

  • Tepung
Kandungan karbohidrat makanan olahan yang mengandung banyak tepung, terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara pada perempuan.

  • Kentang goreng
Kentang goreng memiliki tingkat akrilamida yaitu zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi, ketika dipanggang atau digoreng. Studi menunjukkan bahwa bahan ini akan meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

Nah, itu tadi ulasan tentang makanan penyebab kanker yang tidak kita sadari. Boleh percaya boleh tidak. Tetapi perlu kamu ketahui saat ini sudah banyak ilmuwan, pakar kesehatan, dan dokter yang mengulasnya dalam bentuk artikel ataupun jurnal kesehatan. Tidak ada salahnya kita menjaga tubuh kita mulai sekarang, dengan menjaga makanan yang kita makan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Makanan Penyebab Kanker Yang Tidak Kita Sadari"

Poskan Komentar