Puber Kedua Pada Pria, Waktu dan Tandanya


Puber kedua adalah suatu kondisi dimana terdapat kesamaan perilaku seperti yang dialami anak-anak yang memasuki masa puber, seperti lebih memperhatikan penampilan, lebih memperhatikan lawan jenis, dan sebagainya. Setiap orang baik pria atau wanita akan mengalami fase puber kedua ini.

Karena itu perlu persiapan yang cukup matang untuk memasuki fase krisis ini. Di sinilah komitmen perkawinan kembali teruji.

Komunikasi dan pengertian memegang peran yang sangat penting bagi pasangan yang mulai memasuki masa puber kedua ini. Kondisi yang berbeda antara suami dan istri sering kali memicu konflik di antara mereka berdua. Suami semakin bersemangat dalam banyak hal, sedangkan istri semakin lesu dan kurang bergairah.

Yang kita bahas sekarang adalah mengenai puber kedua pada pria. Puber kedua pasti akan dialami oleh seluruh pria. Puber kedua pada pria rata-rata terjadi pada usia 40 tahun. Dalam Islam pun juga membahas tentang puber kedua ini, mengingatkan kita pada firman Allah yang secara khusus memberi perhatian pada usia 40 tahun sebagai usia dewasa.

حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

…sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat mengerjakan amal yang shalih yang Engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepadaMu dan sesungguhnya aku termasuk orang yang berserah diri" (QS.Al Ahqaf: 15)

Lalu apa tanda-tanda seorang pria mengalami puber kedua? Semua istri wajib tahu hal ini, agar nantinya bisa mengantisipasi jika suami mereka mengalami puber kedua. Yuk kenali tanda-tanda puber kedua pada pria:

Puber Kedua Pada Pria, Waktu dan Tandanya


  • Adanya rambut tambahan
Ketika seorang pria mengalami puber kedua, umumnya disertai dengan adanya rambut tambahan yang lebih lebat dan panjang. Rambut ini bisa tumbuh di punggung, termasuk juga semakin lebat dan panjangnya rambut di hidung dan telinga.

  • Pertumbuhan fisik
Puber kedua umumnya juga disertai dengan pertumbuhan fisik pada tubuh pria secara cepat yang membuat bagian tubuh tertentu tidak tumbuh secara proporsional.

  • Perubahan suara
Meskipun pada puber pertama saat remaja suara telah berubah menjadi lebih besar, maka pada puber kedua juga akan kembali mengalami perubahan suara pria yang menjadi lebih dalam.

  • Senang berpenampilan modis
Pilihan jenis pakaiannya berbeda dari yang dulu. Bajunya sekarang lebih modis, celananya yang lagi trend, pakaian minta disetrika lebih licin lagi, pokoknya lebih memperhatikan kerapian pakaiannya padahal dulu biasa saja.

  • Rambut disisir lebih rapi
Jika pada usia kepala tiga seorang pria jarang memperhatikan kerapian rambutnya, lalu di usia kepala empat dia lebih perhatian dengan rambutnya, maka perlu diketahui bahwa bisa jadi itu merupakan salah satu tanda puber kedua.

  • Memakai wangi-wangian
Lebih sering memakai parfum, baik ketika di rumah maupun ketika hendak pergi ke luar rumah. Jika sebelumnya jarang menggunakannya dan berubah drastis pada usia 40an tahun, itu juga merupakan salah satu tanda puber kedua.

Mungkin banyak wanita yang khawatir dengan adanya puber kedua pada suaminya, apalagi setelah melihat tanda-tanda seperti di atas. Oleh karena itu bagi pasangan suami istri berusahalah berkomitmen dalam menjalin hubungan dan berusahalah memberikan pengertian terhadap pasangan.

Tentunya juga dengan menjalin komunikasi dengan sangat baik dan selalu berpikiran positif dalam menjalaninya. Bila terjadi komunikasi yang baik di antara pasangan yang memasuki masa ini, maka masalah krisis puber kedua pada pria ini akan dapat diselesaikan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Puber Kedua Pada Pria, Waktu dan Tandanya"

Poskan Komentar