9 Cara Memasak Daging Bebek Agar Tidak Alot


Nasi bebek, siapa yang tidak menyukainya. Nasi bebek adalah salah satu favorit kuliner masyarakat Indonesia. Rasa dagingnya yang khas dengan olahan bumbu dan aneka sambal membuat kita keranjingan. Daging bebek memang memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan daging ayam.

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, daging bebek sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung kalori, protein, lemak sehat, zat besi, vitamin B6, vitamin B12, mineral, dan lain-lain. Beberapa manfaat dari daging bebek antara lain berguna bagi tubuh untuk menjaga kerja otot serta tekanan darah, karena daging bebek mengandung sodium.

Sementara kandungan zat besi dan vitamin B12 dapat mencegah anemia, hal ini dikarenakan zat besi sangat diperlukan pada pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Sedangkan unsur fosfor, vitamin B6, asam amino, dan asam lemak, berguna bagi sistem metabolisme tubuh kita.

Daging bebek memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibanding daging ayam atau sejenisnya. Jika salah memasaknya maka daging bebek akan menjadi alot dan susah untuk dimakan. Tekstur daging bebek ini memang lebih liat dibanding daging ayam, karena itu diperlukan cara khusus untuk memasaknya.

9 Cara Memasak Daging Bebek Agar Tidak Alot

Nah, jika kamu ingin memasak daging bebek sendiri di rumah, maka kamu perlu tahu 9 cara memasak daging bebek agar tidak alot seperti berikut ini:

  • Kamu bisa mencoba menggunakan meat tenderizer atau pengempuk daging. Bahan ini biasanya dijual di toko swalayan di kota kamu. Potong-potong daging bebek, dan lumuri dagingnya dengan bahan ini.
  • Kamu juga bisa menggunakan soda kue. Taburkan satu sendok soda kue pada daging bebek, kemudian diamkan sebentar, lalu olah menjadi masakan yang kamu suka.
  • Kamu bisa menggunakan cara tradisional yaitu remas-remas daun pepaya, dan bungkus daun bebek semalaman dengan remasan daun ini. Simpan dalam lemari es, dan kamu bisa mengolahnya keesokan harinya. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya akan mengempukkan daging bebek yang liat.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan nanas. Caranya dengan melumuri daging bebek dengan parutan buah nanas. Getah nanas akan mengempukkan daging bebek yang liat. Selain itu rasa nanas juga akan membuat cita rasa bebek semakin sedap.
  • Pilih bebek yang tidak terlalu tua, juga tidak terlalu muda. Paling pas adalah bebek berusia sekitar 3 bulan. Kemudian bakarlah bebek mentah di atas bara api, dan bersihkan bulu-bulu yang masih tertinggal dengan daun pisang, kemudian barulah potong sesuai selera. Lalu lumuri daging bebek dengan cuka atau air jeruk nipis, kemudian rendam bebek selama 12 jam atau semalaman, agar dagingnya renyah saat digoreng.
  • Sebelum dimasak sesuai resep, daging bebek direbus selama 1 jam lebih dengan aneka rempah yaitu serai, jahe, bawang putih, daun jeruk, kunyit. Tujuannya untuk membuat daging empuk dan menghilangkan bau amis. Agar daging bebek empuk, masaklah di dalam panci tertutup.
  • Agar tekstur daging bebek menjadi lebih empuk, ukep bebek bersama serai, daun salam, daun jeruk, jahe, dan lengkuas selama 3 jam. Supaya daging bebek lebih gurih dan renyah, daging bebek yang sudah matang tadi didiamkan semalaman. Setelah itu  goreng bebek dalam minyak yang panas, banyak, dan bersih. Jangan terlalu lama menggoreng bebek, karena akan membuat bebek menjadi lebih keras, cukup goreng bebek sampai kering dan garing bagian luarnya. Karena pada dasarnya daging bebek sudah matang karena proses ukep.
  • Memasukkan sendok atau garpu ke dalam kuali tempat kita merebus daging bebek. Ini terdengar tidak masuk akal, tetapi ternyata sangat ilmiah karena sendok atau garpu adalah penghantar panas yg baik. Sehingga suhu di dalam kuali akan menjadi lebih panas dan hasilnya daging bebek akan lebih empuk.
  • Merebus daging bebek dengan menggunakan kuali dari bahan tanah liat. Kuali ini diyakini bisa menambah empuk daging bebek dan membuat bumbu meresap sepenuhnya saat diolah.

Nah, itu tadi  9 cara memasak daging bebek agar tidak alot. Kamu bisa memilih salah satu cara seperti tersebut diatas. Cara-caranya mudah dan praktis yang bisa kamu coba untuk membuat daging bebek tidak alot, sehingga bisa diolah menjadi masakan yang enak untuk hidangan keluarga di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "9 Cara Memasak Daging Bebek Agar Tidak Alot"

Poskan Komentar