Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Tulis Palsu


Indonesia kaya akan batik. Batik saat ini menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Setiap hari Jumat hampir semua kantor mengharuskan karyawannya memakai baju batik. Pada acara-acara resmi, masyarakat Indonesia juga mengenakan baju batik.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik masing-masing. Yang paling digemari orang-orang adalah batik tulis. Selain karena proses pembuatannya, batik tulis juga memiliki estetika yang berbeda dari batik cap atau batik cetak.

Proses pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama. Diperlukan keterampilan khusus, kecermatan, ketelitian dan kesabaran dalam membuat batik tulis hingga menjadi sebuah karya seni yang begitu indah dan menawan. Alasan inilah yang membuat harga batik tulis mahal.

Tahukah kamu bahwa kini banyak batik tulis palsu atau batik tiruan. Biasanya cara membuat batik ini dilakukan dengan cara print sehingga cepat dan mudah. Ada para produsen batik yang mengambil jalan pintas, dengan alasan untuk mendapatkan keuntungan banyak, dan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga dalam pembuatannya.

Baca juga --------- Tips Merawat Baju Batik Agar Selalu Baru ---------

Ada juga yang menggunakan dasar tekstil bermotif batik sehingga menghasilkan kain mirip batik tulis padahal sebenarnya bukan batik tulis asli. harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan harga batik tulis asli yang cenderung lebih mahal.

Juga ada produsen batik yang sengaja memberikan harga mahal layaknya batik tulis asli dengan mengatakan bahwa produknya adalah batik tulis asli. Hal-hal ini tentu saja akan memberikan kerugian bagi pembelinya.

Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Tulis Palsu

Nah, agar anda tidak tertipu dengan membeli batik tulis palsu, berikut Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Tulis Palsu. Sehingga anda dapat membedakannya saat membeli batik tulis.

1. Perhatikan bahan dan warna

Batik tulis asli memiliki hasil pewarnaan sempurna, pengrajin atau produsen batik biasanya menggunakan serat kain alami, seperti sutra atau katun untuk membuat batik. Sehingga pewarnaannya pun tidak akan mengurangi kualitas kain.

Batik tulis asli terkesan lebih natural, kuat dan solid. Sementara batik tulis palsu memiliki warna lebih mengkilap dan terang. Batik tulis palsu biasanya menggunakan bahan seperti polyester, dan hasilnyapun sedikit kaku, karena pewarna atau tinta yang meresap ke dalam celah-celah benang kain.

2. Perbedaan permukaan

Batik tulis asli biasanya permukaannya sedikit timbul di setiap bagian corak atau motif, karena menggunakan lilin untuk membuatnya. Batik tulis palsu sama sekali tidak timbul dibagian corak dan motifnya. Hal ini dikarenakan pada batik tulis palsu menggunakan metode print, sehingga corak meresap dan menyatu dengan sempurna dengan kain.

3. Harga yang lebih murah

Penjual batik tulis palsu biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga batik tulis asli. Hal ini untuk menimbulkan minat konsumen dalam membelinya. Mayoritas masyarakat kita ini, mudah sekali tergoda dengan harga yang murah. Padahal seperti diketahui, bahwa harga murah itu mencerminkan kualitas barang itu sendiri.

4. Motif yang sempurna

Tidak jarang terdapat kesalahan pada batik tulis asli seperti motifnya yang tidak persis sama meskipun sama-sama gambar bunga, atau pun ada beberapa bagian yang terputus-putus. Hal itu bisa terjadi karena menggunakan tangan langsung saat membuatnya. Lilin yang digunakan untuk melukis batik, juga bisa tumpah ataupun berlebih di beberapa bagian.

Pada batik tulis palsu, motifnya sama persis dan tidak ada kesalahan sedikitpun. Hal ini dikarenakan batik tulis palsu dibuat oleh mesin, dan telah dirancang dulu di komputer atau program desainnya. Jadi, apabila anda menemukan batik yang memiliki motif sempurna, sebaiknya teliti lagi.

Baca juga --------- Macam-macam baju batik untuk wanita -----------

Itu tadi Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Tulis Palsu. Proses pembuatan batik tulis asli yang memakan waktu, dan juga membutuhkan keahlian dan tenaga, itulah yang membuat harga batik tulis mahal. Maka, jangan kaget jika harganya bisa sangat mahal apalagi jika motifnya sulit.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Membedakan Batik Tulis Asli Dengan Batik Tulis Palsu"

Poskan Komentar