Cara Menanam dan Merawat Tanaman atau Bunga di Pot


Saat musim hujan seperti sekarang ini, banyak orang yang menanam tanaman atau bunga, karena pada musim hujan tanaman atau bunga akan lebih mudah hidup dan tumbuh subur selama penanaman dan perawatan yang dilakukan dengan baik. Orang ramai membeli bibit bunga, bibit buah, atau bibit sayuran, untuk ditanam.

Bagi anda yang berniat menanam dan merawat tanaman atau bunga di pot, salah dalam penanaman dan perawatan maka tanaman atau bunga yang ada di pot justru akan lebih mudah mati. Jadi musim hujan tidak berpengaruh, hanya saja musim hujan lebih mempermudah proses menanam, karena tanaman atau bunga mendapat cukup air.

Nah, biar tanaman atau bunga yang anda tanam di pot tidak cepat mati, berikut Cara Menanam dan Merawat Tanaman atau Bunga di Pot, yang bisa anda terapkan di rumah:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman atau Bunga di Pot

1. Pilih bibit yang berkualitas baik

Yang perlu diperhatikan saat menanam dan merawat tanaman atau bunga adalah, pilih bibit tanaman atau bunga yang sehat dan berkualitas baik sebelum bibit itu ditanam. Bibit yang baik juga akan melahirkan tanaman atau bunga yang baik pula. Sedangkan bibit yang buruk akan melahirkan tanaman atau bunga yang buruk pula.

2 Pilih pot yang baik dan sesuai

Pilihlah pot yang baik dan ukurannya sesuai dengan besar kecil tanaman atau bunga sebelum anda menanam. Tanaman atau bunga akan lebih mudah dan lebih subur hidup di pot yang berbahan dasar semen atau tanah. Tanaman atau bunga yang ditanam di pot plastik juga bisa tumbuh subur, selama sistem perairan di pot tersebut baik.

Jika tanaman atau bunga yang akan anda tanam cukup besar, maka pilih pot yang besar pula. Dan jika tanaman atau bunga yang hendak di tanam kecil, anda bisa menggunakan pot yang kecil saja.

3. Jumlah tanah dan pupuk

Perbandingan yang baik antara tanah dan pupuk agar tanaman atau bunga bisa tumbuh subur di dalam pot adalah 2:1. Artinya jika anda pakai 2 liter tanah, gunakan 1 liter pupuk. Pupuk yang berlebihan digunakan sebagai media tanam tidak akan membuat tanaman atau bunga tumbuh subur.

Sebaliknya, tanaman atau bunga bisa saja dengan mudah akan mati yang disebabkan kelembaban tanah yang berlebihan atau unsur hara pada pupuk membuat akar tanaman atau bunga panas.

4. Jangan terlalu sering menyiram bunga

Hindari menyiram tanaman atau bunga terlalu sering. Jika tanaman atau bunga disiram terlalu sering dan kadar air pada media tanam berlebihan, hal ini bisa menyebabkan akar tanaman atau bunga membusuk dan mati.

Untuk tanaman atau bunga yang memang suka dengan air, anda bisa menyiramnya setiap hari. Tetapi, untuk tanaman atau bunga yang tidak suka dengan air, pastikan untuk menyiramnya secukupnya saja.

5. Cintai tanaman dengan hati

Banyak orang mengalami kegagalan saat mencoba menanam bunga atau tanaman lainnya. Padahal, empat tips diatas sudah anda lakukan. Lantas, kenapa tanaman atau bunga masih juga mati?

Beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa dia menanam tanaman hanya karena iseng saja, dan tidak mencintai tanaman atau bunga dengan hati. Tanaman atau bunga akan tumbuh subur, indah, dan cantik, ketika penanamnya menanamnya dengan perasaan cinta dan gembira.

Demikian Cara Menanam dan Merawat Tanaman atau Bunga di Pot. Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menanam dan merawat tanaman atau bunga di pot. Jika ingin tanaman atau bunga tumbuh seperti yang anda inginkan, maka anda tidak boleh menanamnya dengan asal-asalan. Selamat menanam, dan buatlah lingkungan rumah anda semakin sehat, serta indah dengan aneka tanaman.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Menanam dan Merawat Tanaman atau Bunga di Pot"

Poskan Komentar