Cara Mencuci Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut, Agar Rambut Lebih Indah


Masih banyak orang yang salah dalam memilih shampo ataupun salah dalam cara mencuci rambut. Padahal, perawatan rambut yang benar itu sangat diperlukan, mengingat rambut kita selalu terkena AC, sinar matahari dan UV, debu, serta polusi, yang membuat rambut menjadi kusam.

Cara mencuci rambut yang benar yaitu, tuangkan sampo, lalu usapkan di kulit kepala lebih dulu, kemudian di batang rambut, lalu berikan pijatan saat keramas, karena pijatan penting untuk merangsang sirkulasi udara.

Tahukah kamu, ternyata mencuci rambut atau keramas terlalu sering itu tidak hanya membuat rambut menjadi indah, namun juga berdampak buruk pada kesehatan rambut. Rambut yang berkali-kali di cuci akan terkena zat yang terdapat pada shampo yang membuat minyak alami rambut memudar.

Bagaimana cara mengatasi agar minyak alami rambut tetap ada? Solusinya adalah, kamu dapat mencuci rambut sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut kamu. Berikut ini Cara Mencuci Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut, Agar Rambut Lebih Indah:

Cara Mencuci Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut, Agar Rambut Lebih Indah

1. Rambut lurus dan tebal

Rambut yang tebal memang menjadi nilai plus dalam urusan styling. Jika kamu memiliki rambut dengan tipe seperti ini, maka kamu bisa menunggu paling tidak dua hari untuk kembali mencuci rambut kamu. Usahakan untuk menggunakan shampo yang memiliki efek melembutkan, seperti kandungan keratin atau argan oil, untuk menambahkan ekstra kilau pada rambut kamu.

2. Rambut keriting

Rambut keriting juga dapat menunggu beberapa hari untuk urusan membersihkan rambut. Rambut keriting yang umumnya memiliki kulit kepala yang tidak terlalu berminyak, sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga rambut keriting benar-benar lepek. Kamu bisa gunakan shampo yang memiliki kandungan lauryl sulfate atau SLS, yang dapat membersihkan secara menyeluruh dari kotoran dan minyak yang tidak diinginkan.

3. Rambut berwarna

Rambut yang sering diwarnai dengan berbagai bahan kimia, membuat rambut berwarna cenderung lebih rapuh khususnya di bagian akar rambut. Terlalu banyak mencuci rambut tidak hanya menyebabkan warna yang cepat pudar, tetapi juga dapat merusak bagian follicle rambut. Untuk itu disarankan untuk mencuci rambut paling tidak dua kali seminggu, agar tidak merusak rambut kamu.

4. Rambut alami

Pemilik rambut alami tidak boleh terlalu sering mencuci rambut. Meskipun kamu sering beraktivitas di luar ruangan, tetap dianjurkan untuk mencuci rambut seminggu sekali untuk mencegah kerusakan rambut. Untuk menjaga rambut tetap sehat dan bersih, kamu dapat melakukannya dengan cara membilas rambut tanpa keramas.

5. Rambut halus

Banyak orang yang harus keramas setiap hari untuk mencegah rambut berminyak. Namun, terlalu sering mencuci rambut justru dapat membuat kulit kepala berminyak. Untuk memastikan rambut kamu tetap terjaga, kamu diharuskan untuk tidak menggunakan sampo yang punya kandungan silikon di dalamnya. Karena hal itu dapat membuat rambut kamu tampak lemas atau lepek.

6. Rambut ekstensi

Masalah utama pada rambut ekstensi adalah akan memunculkan keringat atau minyak berlebih pada rambut. Untuk membawa rambut kamu tetap sehat, maka kamu harus mencuci rambut setiap hari, dan memijat seluruh bagian rambut untuk menghilangkan uap airnya.

Baca Juga ---------------- Cara Merawat Rambut Berjilbab -----------------

Nah, itu tadi Cara Mencuci Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut, Agar Rambut Lebih Indah. Jadi tidak asal keramas ya? Rambut adalah mahkota kita yang harus dijaga keindahannya. Salah merawat rambut bisa mengalami kerontokan atau berminyak. Lihat kemasan shampo, lalu beli yang sesuai dengan jenis rambutmu, karena jenis rambut orang itu tidak sama.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Mencuci Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut, Agar Rambut Lebih Indah"

Poskan Komentar