Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan, Untuk Ibu Rumah Tangga


Banyak rumah tangga dimana mempunyai penghasilan cukup, tetapi mempunyai masalah keuangan setiap bulan. Penghasilan seringkali tidak cukup untuk menutupi kebutuhan rumah tangga. Para ibu rumah tangga biasanya pusing dengan pengeluaran belanja, yang tidak seimbang dengan penghasilan suami mereka. Hal ini terjadi, bisa jadi penyebabnya karena mereka tidak tahu cara mengatur anggaran belanja dengan baik.

Setiap bulan kita tidak bisa lepas dari urusan belanja. Kebutuhan yang semakin banyak dan kenaikan harga, membuat kita harus jeli bagaimana mensiasatinya. Mungkin anda termasuk yang sering bingung dalam mengolah uang belanja bulanan, serta bingung mencari cara untuk menutupi semua pengeluaran rumah tangga.

Kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan mulai sekarang. Anda bisa mengikuti tips Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan berikut ini. Jika anda bisa konsisten melakukan tips ini, dijamin anda bisa menabung untuk keluarga setiap bulannya.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan, Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Membuat anggaran

Buatlah anggaran belanja setiap bulan, dan patuhilah anggaran tersebut. Kebutuhan primer harus didahulukan seperti tagihan listrik, cicilan, asuransi, uang sekolah anak, juga belanja bulanan.

2. Membuat daftar belanja

Sebelum berangkat belanja, selalu biasakan membuat daftar belanja terlebih dahulu, lengkap dengan berapa jumlah barang yang harus dibeli. Sebaiknya periksa dulu persediaan barang kebutuhan yang perlu dibeli. Hal ini berguna agar tidak lupa dan selalu ingat akan kebutuhan apa saja yang akan dibeli. Jangan membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja.

3. Membeli produk private label

Produk private label adalah produk dengan merek yang menyerupai nama tokonya. Jika memungkinkan dan tidak mempengaruhi kesehatan keluarga, anda bisa membeli produk ini, karena harganya lebih murah dari produk yang sudah ada di pasaran.

Biasanya produk private label yang ada berupa gula, pembersih kaca, pembersih lantai, pembersih piring, minyak goreng, pengharum tubuh, tissue, dan makanan ringan, tersedia dengan harga lebih murah.

4. Bandingkan harga di toko lain

Sesekali anda belanja di toko grosir atau supermarket untuk memantau harga kebutuhan yang biasa dibeli setiap bulannya. Biasanya toko grosir memberikan harga lebih murah dengan membeli minimal jumlah tertentu.

5. Belanja sayur dan lauk di pasar tradisional

Pasar tradisional selain memberikan harga yang murah, juga menyediakan sayuran, bumbu dapur, ikan, ayam, dan daging yang segar karena perputaran barang yang tinggi. Jangan lupa, anda harus tetap membawa daftar belanja, dan jangan membeli di luar daftar.

6. Merencakan menu harian selama satu minggu ke depan

Menyusun menu harian keluarga selama satu minggu ke depan, akan membantu anda dalam berbelanja mingguan ke pasar tradisional. Rencanakan agar masakan anda tersedia dengan porsi yang pas sesuai jumlah anggota keluarga. Lebih irit biaya, karena anda sekalian belanja dalam satu minggu. Jadi tidak perlu setiap hari belanja bahan masakan.

7. Manfaatkan kartu member

Banyak toko dan supermarket yang menawarkan kartu member gratis dan memberikan manfaat lebih, seperti harga lebih murah dan hadiah. Anda bisa manfaatkan itu untuk menghemat belanja bulanan. Tetapi tetap hati-hati dengan jebakan harus melakukan pembelian dengan jumlah tertentu, yang malah menambah pengeluaran anda.

8. Lihat brosur minimarket dan supermarket

Setiap minimarket dan supermarket, biasanya membuat brosur mingguan atau bulanan tentang harga produk yang di diskon. Anda bisa manfaatkan itu, dengan membeli produk yang di diskon, tetapi tetap belanja berdasarkan daftar belanja yang sudah dibuat.

Nah, itu tadi tips Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan. Semoga bermanfaat, dan bisa membantu anda dalam mengolah keuangan keluarga anda. Dengan menghemat uang belanja bulanan, maka anda bisa membantu suami untuk menabung.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan, Untuk Ibu Rumah Tangga"

Poskan Komentar