Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan


Seperti kita tahu ikan terdiri dari ikan air tawar dan ikan laut. Keduanya adalah makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Ikan mengandung 18% protein terdiri dari asam-asam Amino Esensial yang tidak akan rusak pada waktu pemasakan.

Kandungan lemaknya 1-20% lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.

Banyak orang yang menyebut ikan sebagai makanan untuk kecerdasan otak. Ikan sebagai makanan sumber protein yang tinggi. Absorpsi protein ikan lebih tinggi dibandingkan daging sapi, ayam, dan lain-lain. Oleh karena itu baik sekali jika kita menghidangkan ikan sebagai menu makanan sehari-hari.

Vitamin yang ada dalam ikan juga bermacam-macam, yaitu vitamin A, D, Thiamin, Riboflavin, dan Niacin. Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti Kalsium, Phosphor yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu.

Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya dengan Omega 3. Walaupun demikian, namun ada beberapa orang yang mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis, sehingga ada sebagian orang yang tidak suka memakan ikan.

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Pada dasarnya, bau amis pada ikan itu bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan bahan alami. Asalkan menggunakannya sesuai takaran, pasti rasa asli dari ikan itu sendiri dipastikan tidak akan berubah. Berikut Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan, yang bisa anda coba saat memasak ikan nanti di rumah.

1. Air cuka

Air cuka putih dipercaya bisa mengurangi bau amis ikan. Namun ingat, saat menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis ikan, usahakan menggunakan secukupnya saja. Rasa asam cuka bisa merusak rasa ikan jika Anda menggunakannya terlalu berlebihan.

2. Air lemon

Peras jeruk lemon dan gunakan airnya untuk menyiram ikan sebelum dimasak. Hal ini disinyalir bisa mengurangi bau amis ikan. Agar air lemon tidak merubah rasa ikan, sebelum dimasak atau digoreng pastikan mencuci ikan hingga bersih terlebih dahulu.

3. Jahe

Aroma harum dari jahe tidak hanya bisa menghangatkan tubuh kita saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai penangkal bau amis ikan. Saat anda masak ikan, baik digoreng ataupun masak kuah, usahakan memasukkan jahe ke dalam bumbu. Jahe tidak harus dihaluskan, cukup dimemarkannya saja.

4. Daun dan kulit jeruk

Daun maupun kulit jeruk bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya cukup mudah, rebus daun atau kulit jeruk lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum di goreng atau dimasak. Untuk ikan yang dimasak kuah santan, memasukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam masakan, selain menambah rasa sedap juga mampu menghilangkan bau amis.

5. Apel

Buah apel dipercaya mampu menghilangkan bau amis ikan. Caranya iris tipis-tipis buah apel, lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut ketika sudah layu. Minyak maupun air untuk memasak ini, akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

6. Selain bahan di atas, anda juga bisa menggunakan bawang putih, daun kemangi, daun serai, dan kunyit untuk menghilangkan bau amis ikan.

Nah, itu tadi Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan. Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan bahan-bahan tersebut, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk khawatir dan malas memasak ikan karena baunya yang amis.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan"

Poskan Komentar