Cara Mudah Mengatasi Mimisan


Cara mudah mengatasi mimisan perlu diketahui oleh orang-orang yang memang sering mengalami mimisan. Bukan hanya itu, informasi ini juga akan berharga bagi siapa saja yang akan mengalami mimisan. Karena mimisan yang berkepanjangan atau tidak segera diatasi akan dapat menyebabkan terjadinya pendarahan. Dimana awalnya hidung hanya akan mengeluarkan darah kotor, menjadi mengeluarkan darah segar juga.

Mengatasi mimisan dengan cepat

Peristiwa mimisan seringkali menjadi hal yang wajar dialami oleh anak-anak. namun memang tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga akan mengalaminya. Hanya saja pada anak-anak akan lebih sering mengalami mimisan dibanding orang dewasa.

Tentunya orang tua akan mengalami kepanikan ketika mendapati anak mereka mengalami mimisan. Namun sebenarnya kepanikan tersebut akan segera hilang ketika mereka mengetahui tentang bagaimana cara mudah mengatasi mimisan berikut ini:

Cara Mudah Mengatasi Mimisan

1. Memencet hidung

Untuk menghentikan mimisan cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memencet hidung sekitar 3 sampai 5 menit. Sementara hidup dipencet, nafas bisa dilakukan melalui mulut. Dan tentunya ketika memencet hidung jangan dilakukan terlalu keras. Jika cara mudah mengatasi mimisan ini tidak berhasil bisa diulangi kembali dengan waktu yang lebih lama yakni sekitar 10 menit.

2. Mengompres hidung

Siapkan handuk, rendam dengan air es dan gunakan sebagai kompres hidung. Dengan cara ini, pembulu darah pada hidung akan mengecil sehingga aliran darah bisa berkurang. Selain itu mengompres hidung dengan air dingin juga dapat membekukan darah sehingga darah tidak lagi mengucur keluar.

3. Menyumbat hidung dengan daun sirih

Daun sirih yang terkenal mengadung antiseptik yang tinggi ternyata juga bisa digunakan untuk menghentikan mimisan. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup mengambil dua lembar daun sirih yang masih muda, cuci bersih, bentuk corong lalu sumbartkan pada kedua hidung. Ketika mengunakan penyumbat hidung daun sirih ini, wajar agak ditengadahkan keatas, dan bernafaslah melalui mulut anda. Cara mudah mengatasi mimisan dengan daun sirih ini bisa dilakukan beberapa menit.

4. Duduk bersandar dengan posisi kepala menunduk kedepan

Posisikan tubuh anda atau anak anda yang mengalami mimisan dengan duduk bersandar, posisi kepala menunduk dan sedikit membungkuk. Posisi ini akan membuat aliran darah dari hidung menjadi berhenti. Hal ini bisa terjadi karena posisi hidung lebih rendah dari jantung, sehingga darah akan berhenti secara perlahan.

5. Periksa ke dokter

Jika mimisan berlangsung dalam waktu yang lama, sebaiknya segera pergi kedokter untuk memeriksakannya. Karena meski mimisan merupakan peristiwa yang wajar, namun jika berlangsung sekitar 10 menit atau lebih bisa menyebabkan pendarahan. Selain menjadi peristiwa yang biasa, sebenarnya mimisan juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang lebih buruk seperti tumor dan juga kangker.

Dengan demikian, jika mimisan terjadi dalam waktu yang lama dan dengan intensitas yang cukup sering, sebaiknya tidak hanya mengunakan cara mudah mengatasi mimisan, namun juga memeriksakan pada ahli kesehatan atau dokter. Jangan menunggu kesehatan anda menjadi lebih buruk, namun jauh lebih baik jika anda peka dengan kesehatan.

Penyebab mimisan

Terjadinya mimisan sejatinya memiliki latar belakang penyebab yang beragam, bisa karena pergantian cuaca, kebiasaan mengorek hidung, ada benda asing yang masuk kerongga hidung, konsumsi obat pengencer darah, kelainan, polusi, benturan, infeksi dan masih banyak lagi. Namun apapun penyebabnya, jika termasuk dalam mimisan ringan maka bisa diselesaikan dengan cara mudah mengatasi mimisan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Mimisan"

Poskan Komentar