Ingin Cantik Sepanjang Masa? Minumlah Jamu


Jamu adalah ramuan tradisional yang telah ada sejak 1300 tahun lalu di era Kerajaan Mataram Kuno. Meski banyak mendapat pengaruh dari Ayurveda atau kitab pengobatan tradisional dari India, ada beberapa tanaman jamu yang merupakan tanaman endemik atau hanya tumbuh di Indonesia.

Jamu dipercaya bisa menjaga kecantikan dan keindahan tubuh seorang wanita. Selain itu minum jamu diyakini dapat menjaga stamina tubuh, dan juga menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Minumlah jamu jika kamu ingin awet muda dan tetap cantik tanpa operasi plastik.

Jamu memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat-obatan kecantikan modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku jamu sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif jamu tidak perlu dikhawatirkan.

Ilmu kedokteran dan kesehatan yang semakin modern saat ini, telah sedikit menggeser peranan jamu dari kehidupan masyarakat. Padahal jamu itu bebas toksin dan dapat meluruhkan racun yang terdapat di dalam tubuh kita.

Ingin Cantik Sepanjang Masa? Minumlah Jamu

Di Indonesia, kebiasaan mengkonsumsi jamu biasanya diwariskan secara turun temurun dari orangtua kepada anak-anaknya. Berikut beberapa jamu yang dianjurkan untuk wanita, di antaranya adalah:

1. Jamu kunyit asam

Jamu ini cocok untuk wanita yang baru saja melahirkan, atau sedang datang bulan. Para gadis remaja dianjurkan minum jamu kunyit asam untuk menjaga bentuk tubuh dan bentuk perut, agar tetap langsing dan indah.

2. Jamu kunci suruh

Jika kamu ingin lebih disayang suami, kamu bisa minum jamu kunci suruh yang berkhasiat untuk menghilangkan keputihan, mengencangkan dan menghilangkan bau tidak sedap Miss V. Selain itu jamu kunci suruh juga ampuh untuk memperkuat gigi, dan mengecilkan perut.

3.  Jamu uyup-uyup

Ramuan jamu uyup-uyup ini terbuat dari racikan kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring. Berkhasiat untuk melancarkan ASI, mendinginkan perut, dan menghilangkan bau badan.

4. Jamu pahitan

Seperti namanya, komposisi jamu pahitan terdiri dari sambiloto, bratawali, doro putih dan babakan pule. Jamu ini memang pahit sekali rasanya. Jamu pahitan baik untuk mereka yang menderita diabetes, mengurangi bau badan, dan mengobati jerawat, serta mengurangi kolesterol.

5. Jamu beras kencur

Jamu beras kencur dipercaya dapat menghilangkan rasa capek pada tubuh. Dengan minum ini, tubuh akan terhindar dari rasa capek dan nyeri yang biasa timbul saat banyak melakukan bekerja. Bila minum jamu ini secara teratur, maka tubuh kita akan selalu bugar.

6. Jamu kudu laos

Khasiat jamu kudu laos adalah untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.

7. Jamu sinom

Jamu ini terbuat dari bahan baku sinom atau daun asam yang masih muda. Selain enak dan memberikan efek menyegarkan bagi tubuh, juga bermanfaat sebagai detoksifikasi.

8. Jamu temulawak

Jamu ini berasal dari bahan baku temulawak. Selain sebagai pelepas dahaga, jamu ini juga bisa mengobati jerawat.

9. Jamu cabe puyang

Jamu ini juga disebut sebagai jamu pegal linu yang efektif membantu menghilangkan rasa pegal dan lelah di tubuh. Terutama yang sering kesemutan atau mengeluh panas dingin, jamu ini cocok untuk dikonsumsi setelah makan sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat jamu untuk kecantikan dan kebugaran tubuh wanita? Selain jamu yang diminum, kamu juga bisa memanfaatkan jamu untuk lulur wajah dan tubuh. Khasiatnya tetap sama kok dengan jamu yang diminum.

Dengan tetap mengonsumsi jamu sebagai obat alternatif, kamu tidak hanya membantu merawat kesehatan dan kecantikan dengan cara murah, namun juga ikut melestarikan apa yang menjadi warisan nenek moyang Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ingin Cantik Sepanjang Masa? Minumlah Jamu"

Poskan Komentar