Inilah 10 Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik


Semua manusia pasti menyukai bunga. Tidak hanya wanita saja, banyak juga pria yang menyukai bunga. Baunya yang harum, warnanya yang beragam, bentuknya yang indah, semua itu membuat kita merasa segar dan tenang saat memandangnya.

Bunga identik dengan cinta. Karena mayoritas pria saat mengatakan cinta atau menunjukkan rasa sayang pada seorang wanita, selalu dengan bunga. Dan wanita juga senang jika diberi bunga oleh pria. Selalu ada banyak bunga-bunga cantik di suatu pesta pernikahan.

Bunga juga menjadi pilihan utama untuk orang yang hoby berkebun. Menanam bunga di halaman rumah juga bisa membuat rumah semakin terlihat indah dan asri. Tetapi bagi yang hoby menanam bunga harus mengetahui cara menanam dan merawat bunga yang benar, agar bunga bisa tumbuh subur dan indah.

Namun tahukah kamu, ternyata ada banyak bunga cantik tetapi memiliki racun yang mematikan. Jika kamu bertemu dengan bunga-bunga ini, sebaiknya dibiarkan saja, jangan mencium baunya apalagi memetiknya. Racun yang terkandung di dalam bunga-bunga tersebut bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya. Berikut 10 Jenis Bunga Paling Mematikan:

1. Ranunculus

Bunga yang cantik ini mirip mawar, namun bukanlah keluarga mawar. Dikenal sebagai buttercup, spearworts dan nama-nama lain. Punya banyak warna, yaitu merah, orange, kuning, dan putih. Karena cantiknya, sering dipakai sebagai bunga hias, namun harus dilakukan pengawasan ketat, karena bunga ini juga mengandung racun mematikan bagi hewan dan manusia.

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Jika ada hewan atau manusia yang nekat memakan bunga ini, maka akan terjadi gejala kerusakan pencernaan akibat racunnya. Gejala keracunan ranunculus adalah diare disertai darah, air liur berlebih, sakit perut parah, dan rusaknya selaput lendir pada sistem pencernaan.

2. Milkweeds

Milkweeds atau biasa disebut asclepias, mengandung racun yang dapat menyebabkan kematian. Warnanya ungu, bentuknya mungil, dan getahnya yang mengandung alkaloid dan cardenoloid, sering digunakan sebagai bahan obat. Tentu saja penggunaan getah itu tidak boleh sembarangan, karena jika salah justru bisa menjadi racun.

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Bunga ini mempunyai racun sebagai pola pertahanan terhadap ulat, dan hewan-hewan yang dapat merusak buah. Jika seseorang tidak sengaja memasukkan racun milkweeds ke dalam tubuhnya, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah dematitis ringan, hingga dapat menyebabkan kematian.

3. Lily of the valley

Lily of the valley atau biasa disebut convallaria majalis, adalah bunga yang sangat mungil dan mirip lonceng terbalik. Walau dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta suci, kesetiaan, dan ketulusan, bunga ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Bunga cantik ini mengandung racun glikosida untuk melindungi diri dari serangan hewan pemakan biji.

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Racun yang terkandung di dalam bunga ini, dapat menyebabkan kerusakan sistem peredaran darah, merusak pencernaan, dan sebagainya. Dosis kecil dapat menyebabkan muntah, diare, mual, dan sakit perut. Sedangkan dalam dosis besar, bisa menyebabkan kematian.

4. Nerium oleander

Hampir di semua bagian bunga ini mengandung racun, terutama getahnya. Tanaman ini sering bersemi di bulan Mei. Bahkan disebut sebagai bunga resmi kota Hiroshima sebagai bunga pertama yang mekar setelah ledakan bom atom tahun 1945 yang menghancurkan kota tersebut.

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Racun bunga ini termasuk dalam kategori oleandrin dan neriine. Jika seseorang menelan senyawa racun dari nerium oleander, maka racun akan bekerja hingga menyebabkan glikosida jantung, dermatitis, hingga kematian.

5. Opium

Bunga ini dapat tumbuh di seluruh dunia. Dalam dunia pengobatan, opium yang juga dikenal sebagai bunga poppy, adalah bunga yang mengandung racun alkaloid. Opium telah lama diambil getahnya untuk keperluan pengobatan.

Morfin dan alkaloid di dalamnya sering menyebabkan halusinasi layaknya konsumsi narkoba. Walau sebagai tanaman yang berfungsi sebagai obat, opium tetaplah racun yang jika digunakan terus bisa menyebabkan ketergantungan.

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Dosis besar dari opium dapat menyebabkan keracunan, bahkan mencium uapnya saja bisa membuat seseorang berhalusinasi hingga meninggal. Efek samping opium adalah terjadi masalah pernapasan akut, koma, jantung berhenti, dan paru-paru rusak, yang dapat menyebabkan kematian seseorang.

6. Angel trumpet

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Semua bagian dari bunga ini beracun jika tertelan. Akan terjadi kelumpuhan, kebingungan, diare, migrain, halusinasi, dan kematian. Memiliki aroma begitu kuat, sehingga dapat menginduksi tidur pada mereka yang menghirup aromanya. Jika ada yang tidur di bawah pohon ini, maka akan memiliki mimpi yang aneh dan erotis.

7. Bleeding heart

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Bunga ini berwarna pink dan berbentuk hati, mempunyai ujung menjuntai kecil yang mirip dengan tetesan darah. Bunga ini bisa tumbuh di berbagai belahan dunia sebagai bunga hias. Tetapi hati-hati, karena bunga ini beracun jika ditelan, dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

8. Aconitum

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Jangan sampai tertipu oleh warna-warna cantiknya. Bunga ini dikenal sebagai helm setan atau ratu dari semua racun. Bunga ini sangat berbahaya. Dalam kondisi apapun, jangan sampai memakannya karena dalam dosis besar akan berakibat kematian seketika.

9. Sacred datura

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Ada sembilan spesies bunga datura. Sebagian besar dari mereka ada di Amerika Serikat dan Meksiko. Semua spesies bunga datura mengandung alkaloid yang cukup mematikan. Bahkan, mereka telah digunakan selama ratusan tahun sebagai halusinogen, dan racun untuk membunuh dan bunuh diri.

10. Moonflowers

Inilah Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik

Disebut juga sebagai datura inoxia atau bunga bulan mekar malam. Memiliki banyak racun alkaloid dan racun saraf yang digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka dan menghilangkan nyeri. Tetapi jika digunakan terlalu banyak, maka dapat menyebabkan seseorang mengigau, berperilaku aneh, dan amnesia. Bunga ini juga merupakan bunga hias karena bentuknya yang cantik.

Nah, itu tadi 10 Jenis Bunga Paling Mematikan. Masih banyak lagi bunga-bunga cantik yang mengandung racun di luar sana. Maka berhati-hatilah saat kamu menemukan bunga yang cantik saat berlibur di alam bebas. Jangan membawanya pulang untuk ditanam di rumah jika kamu belum tahu jenisnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 10 Jenis Bunga Paling Mematikan, Meskipun Cantik"

Poskan Komentar