Inilah Cara Aman Gunakan Wi-Fi Gratis Tanpa Khawatir Virus


Kata Wi-Fi merupakan istilah yang pasti tidak asing lagi bagi kita semua. Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi, atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

Siapa yang tidak suka Wi-Fi gratis? Semua orang selalu memanfaatkannya. Wi-Fi gratis tidak hanya ada di kantor, kampus, hotel, restoran, sekolah, fasilitas-fasilitas umum milik pemerintah, tetapi juga ada di warung-warung kopi pinggir jalan, pasar, atau di kampung-kampung.

Cara menggunakannya juga mudah, hanya dengan memasukkan password atau kode maka Wi-Fi sudah tersambung dengan perangkat gadget kita. Wi-Fi gratis juga sering tidak menggunakan password untuk bisa terhubung, tentunya untuk mempermudah penggunanya.

Tahukah kamu, bahwa hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan hal-hal yang merugikan dengan cara membuat jaringan Wi-Fi palsu. Mengingat sulitnya membedakan jaringan Wi-Fi itu palsu atau tidak, adalah dengan menghindari menggunakan Wi-Fi di tempat umum ,dan hanya ketika berada di rumah atau dengan modem kita sendiri.

Inilah Cara Aman Gunakan Wi-Fi Gratis Tanpa Khawatir Virus

Inilah Cara Aman Gunakan Wi-Fi Gratis Tanpa Khawatir Virus

Jika kamu terpaksa atau ingin internetan di luar, maka kamu bisa ikuti tips seperti berikut ini, tanpa perlu takut akan ancaman terkena virus atau hacking:

1. Waspadai jaringan Wi-Fi yang tidak memerlukan password. Para hacker umumnya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi penggunanya. Tujuannya biasanya untuk melakukan kejahatan membobol rekening bank, kartu kredit, dan sebagainya.

2. Cari jaringan Wi-Fi yang aman. Para hacker ternyata juga dapat mengetahui password yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Kemudian menggunakannya untuk membuat jaringan Wi-Fi palsu dengan nama yang sama. Kamu sebaiknya memastikan pada pengelola jaringan Wi-Fi, bertanya mana yang aman digunakan.

3. Matikan Wi-Fi saat tidak digunakan. Langkah ini akan melindungi data-data kamu, dan bisa membantu menghemat daya baterai gadget kamu. Tindakan ini juga akan melindungimu dari metode pelacakan yang digunakan oleh organisasi.

4. Saat kamu menggunakan Wi-Fi gratis, jangan pernah menggunakannya untuk membuka akun perbankan atau layanan penting lainnya. Bila ada keperluan mendesak, lebih baik kamu menggunakan koneksi data mobile.

5. Ada situs menunjang https yang mengenkripsi apapun yang kamu kirim dan terima dari situs tersebut. Contohnya: Google, Wikipedia dan Facebook. Bila memungkinkan, kamu bisa aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang kamu miliki.

6. Bila kamu pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera, sering pergi dan selalu online di laptop saat berada lokasi umum , maka unduhlah plugin khusus yang membantumu untuk mengakses internet secara aman.

7. Pertimbangkanlah untuk menggunakan jaringan virtual private network (VPN). Ini sangat baik untuk melindungi data karena layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang kamu kirimkan.

8. Kamu bisa mengunduh anti virus. Sebaiknya kamu memilih antivirus yang dapat memperingatkanmu ketika terhubung dengan jaringan yang tidak aman serta mencegah kebocoran kata sandimu bagi para hacker.

9. Gunakan HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF). Umumnya hal tersebut akan menyediakan koneksi aman pada Yahoo, Ebay, Amazon dan situs-situs lainnya.

Nah, itu tadi Cara Aman Gunakan Wi-Fi Gratis Tanpa Khawatir Virus. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk selalu aman menggunakan Wi-Fi gratis di tempat umum.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Cara Aman Gunakan Wi-Fi Gratis Tanpa Khawatir Virus"

Poskan Komentar