Tips Cara Membuat Pisang Goreng Enak dan Nikmat


Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Selain harganya murah dan mudah didapat, buah yang berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak nomor empat sedunia.

Pisang mengandung 68% air, 25% gula, 2% protein, 1%, lemak dan minyak, 1% serat Selulosa. Pisang juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya B1, B2, B6, dan B12 (100 mg per seratus gram), prosentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengonsumsi buah yang tinggi zat potasium ini. Selain dimakan langsung, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi pisang dengan cara direbus atau digoreng. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggoreng pisang yang benar dan nikmat.


Membuat pisang goreng ternyata juga ada tehniknya lo? Kita tidak bisa asal membuat pisang goreng, karena akan mempengaruhi rasa kelezatan pisang goreng itu sendiri. Apalagi dimusim hujan seperti saat ini, sepiring pisang goreng dan segelas teh hangat bisa menjadi teman yang menyenangkan di kala udara dingin datang.

Tips Cara Membuat Pisang Goreng Enak dan Nikmat

1. Pilih jenis pisang yang tepat

Tidak semua jenis pisang dapat dibuat sebagai pisang goreng. Hanya beberapa jenis di antaranya saja yang cocok, yaitu pisang tanduk, pisang nangka, pisang uli, dan pisang kepok. Jenis pisang yang paling enak jika digoreng adalah pisang kepok kuning yang tua, dimana ciri-cirinya bentuknya padat, tidak berwarna putih, dan ujungnya tidak mengkerut.

2. Adonan tepung pas

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat menggoreng pisang adalah adonan tepung yang diberikan gula. Padahal penambahan gula dalam tepung hanya akan membuat pisang goreng menjadi gosong dan menghitam. Lebih baik tambahkan sedikit garam dan kocokan telur pada adonan tepung.

3. Banyak minyak

Orang sering kali malas untuk memakai minyak terlalu banyak hanya untuk menggoreng pisang. Padahal itulah rahasia agar pisang bisa bertekstur garing. Sebelum memasukkan pisang yang telah tercampur adonan tepung, minyak untuk menggoreng harus sangat panas agar pisang langsung tercelup merata.

4. Memasak yang tepat

Jangan meremehkan besar kecilnya api yang digunakan untuk menggoreng pisang. Penerapan teknik ini dengan benar bisa menjadikan pisang goreng semakin nikmat. Api harus besar, kemudian masukkan pisang secara perlahan. Lalu langsung matikan api. Jangan diaduk pisang tersebut hingga pisang mengambang, karena bila kita mengaduknya terlalu cepat, maka tepung yang membalut pisang bisa lengket diwajan. Setelah itu baru nyalakan api kembali dan aduk perlahan hingga matang.

Cara penyajian:

Setelah pisang goreng matang, kita bisa mencampurnya dengan gula merah yang telah dicairkan, atau bubuk aren supaya lebih nikmat. Bila tidak suka dengan gula merah, kita bisa menggantinya dengan susu kental manis coklat atau cream dengan taburan keju diatasnya.

Bagaimana, nikmat bukan? Itulah Tips Cara Membuat Pisang Goreng Enak dan Nikmat. Kamu bisa mencobanya dirumah untuk disajikan bersama keluarga tercinta. Lebih baik membuat pisang goreng sendiri karena lebih sehat, daripada beli di kaki lima. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Cara Membuat Pisang Goreng Enak dan Nikmat"

Poskan Komentar