Tips Cara Menggoreng Untuk Yang Belajar Memasak


Bagi yang baru belajar cara memasak, apa yang menurut kalian paling menakutkan? Seratus persen pasti akan menjawab takut menggoreng. Hahaha.... Tenang saja, saya dulu juga takut menggoreng kok, jadi kalian jangan malu. Hal itu wajar karena kita baru belajar memasak.

Daripada tidak bisa masak, akhirnya mau tidak mau menggoreng harus kita kerjakan. Kulit kena cipratan minyak panas, suhu minyak yang terlalu tinggi sehingga gorengan menjadi gosong, ataupun tumpahan minyak dimana-mana yang sulit dibersihkan, semua itu membuat masakan kita jadi berantakan.

Akhirnya saya browsing sana sini, mencari tips cara menggoreng yang benar. Setelah saya praktekkan, ternyata tips ini lumayan juga, bisa mengatasi rasa takut saya dalam menggoreng. Proses belajar memasak akhirnya bisa lancar tanpa hambatan takut menggoreng.

Tips Cara Menggoreng Untuk Yang Belajar Memasak

Tips Cara Menggoreng Untuk Yang Belajar Memasak

1. Pilih wajan yang tepat

Umumnya ada 2 jenis wajan yang digunakan untuk menggoreng, yaitu pan-fry atau deep-fry. Wajan pan-fry lebih datar dan lebar, digunakan untuk menggoreng fillet atau menumis. Sementara deep-fry lebih dalam permukaannya, dan digunakan untuk menggoreng makanan yang berbentuk besar, misalnya donat, pisang goreng, ayam goreng, tahu tempe, dan lainnya.

2. Jangan takut dengan minyak panas

Banyak orang yang grogi menghadapi minyak panas, dan langsung mencemplungkan makanan ke dalamnya. Biasanya secara otomatis kita akan mencemplungkan makanan dari jarak jauh. Padahal itu justru bikin minyak muncrat ke mana-mana, dan mengenai kita.

Cara menggoreng yang benar adalah, masukkan makanan pelan-pelan dari jarak dekat. Semakin dekat tangan ke dalam wajan penggorengan, justru minyak akan lebih jinak atau dengan kata lain tidak akan nyiprat.

3. Gunakan serokan atau peniris

Alat ini murah dan bisa ditemukan di toko-toko terdekat. Serokan atau peniris yang ideal adalah yang memiliki pegangan panjang, sehingga gorengan tidak tersangkut padanya. Alat ini juga berguna untuk melindungi kita dari cipratan minyak saat menggoreng ikan, cumi, atau jerohan, yang suka meletup-letup. Kita tinggal taruh serokan atau peniris diatas gorengan kita.

4. Bolehkah menggunakan minyak berkali-kali?

Sesungguhnya tidak masalah jika kita menggunakan minyak lebih dari satu kali dalam menggoreng. Asalkan minyak disimpan pada suhu kamar tertutup, di tempat yang sejuk dan gelap, serta jauh dari kompor.

Perlu diingat, semakin banyak sisa makanan yang tertinggal di minyak bekas, itu akan menurunkan kualitas minyak itu sendiri. Jadi, bersihkan minyak dari remahan gorengan jika kamu akan menggunakannya sekali lagi.

5. Gunakan celemek

Selalu gunakan celemek saat memasak. Celemek itu penting, karena untuk melindungi baju kita dari kotoran saat memasak. Jika tanganmu kena minyak, kamu tinggal usap ke celemek, karena kita kadang lupa suka usapkan tangan yang kotor ke baju saat memasak.

Nah, itu tadi Tips Cara Menggoreng Untuk Yang Belajar Memasak. Memang perlu jam terbang dalam memasak, agar kita bisa menghasilkan gorengan yang cantik, tanpa perlu membawa oleh-oleh luka karena cipratan minyak panas. Semoga tips di atas dapat membantumu dalam belajar memasak.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Cara Menggoreng Untuk Yang Belajar Memasak"

Poskan Komentar