Tips Mengatur Biaya Pesta Pernikahan


Pernikahan adalah hal yang sangat sakral. Momen yang paling ditunggu oleh setiap manusia dalam hidupnya. Semua pasangan yang akan menikah pasti menginginkan pernikahan yang berkesan, namun sering terbentur dengan kendala biaya.

Tahukah kamu pesta pernikahan yang mengesankan itu tidak harus harus mewah dan mahal. Kamu bisa membuat pesta pernikahan yang sederhana, tetapi tetap bisa menjadi sesuatu yang manis untuk dikenang, sekaligus memuaskan para tamu undangan yang hadir. Dengan begitu, biaya bisa optimal bahkan bisa kalian jadikan tabungan untuk keperluan setelah menikah.

Tips Mengatur Anggaran Pesta Pernikahan

Tips Mengatur Biaya Pesta Pernikahan

1. Baju pengantin siap pakai

Gaun pengantin hanya digunakan sekali. Daripada kamu memesan di desainer atau butik, lebih baik kamu menyewanya. Saat ini ada banyak persewaan baju pengantin dengan aneka model. Kamu bisa memilih model baju yang sesuai dengan tema pesta pernikahmu.

2. Waktu pesta

Jika kamu memilih pesta pernikahan di ruangan terbuka, maka adakan di waktu siang hari. Cahaya matahari akan menghemat penggunaan listrik. Bahkan fotografer dan videografer dapat lebih leluasa mendokumentasikan acara karena tidak terpaku oleh pencahayaan yang minim.

3. Makanan

Kamu bisa minta pihak katering untuk memporsikan tiap makanan (diatur dalam mangkuk atau piring). Pemorsian seperti ini akan membuat para tamu tidak berlebihan saat mengambil makanan. Sehingga kamu bisa lebih berhemat daripada memesan terlalu banyak makanan. Jika mau irit biaya lagi, kamu bisa memasak makanan sendiri.

4. Hiburan

Jika kamu hanya menyelenggarakan pesta sederhana, maka bisa dengan memutar playlist lagu favorit dengan menyewa amplifier dan speaker. Jika ingin memakai band di pesta, maka kamu bisa meminta tolong pada saudara, teman, relasi yang anak band atau hoby menyanyi . Selain irit biaya (tidak mahal), mereka pasti memahami selera musik kamu.

5. Photobooth

Pasti para tamu undangan ingin berfoto di hari pernikahanmu. Tidak perlu sewa background foto yang mahal, mintalah teman untuk membantu membuat photobooth sendiri seperti sebuah bingkai besar yang dicat dan digantung. Jangan lupa sediakan juga sebuah tripod dan kamera yang diletakkan di depan photobooth.

6. Cincin kawin

Untuk cincin kawin tidak harus mahal. Cincin kawin tidak harus berlian. Cincin emas yang diturunkan dari orang tua itu jauh lebih berarti. Atau kalian membeli sendiri cincin emas sesuai dengan dana yang ada.

7. Fotografer dan videografer

Kamu tidak perlu pusing menyewa jasa fotografer dan videografer yang mahal. Kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara yang memiliki hobi fotografi dan tehnik video, dimana kamu sudah pernah lihat sendiri hasilnya yang bagus.

8. Kue pengantin

Jika kamu ingin ada sesi pemotongan kue pengantin, lebih baik pesan kue yang ukuran sedang, tidak harus terlalu besar, dan pilih yang banyak hiasan buahnya. Kalian pasti akan terlihat manis di foto saat sedang memotongnya bersama.

9. Tempat pesta

Untuk mengurangi pengeluaran sewa gedung, kamu bisa melaksanakan pesta pernikahan di rumah. Kamu bisa mendekorasi sendiri halaman rumahmu, atau menggunakan jasa dekorasi pernikahan.

10. Undangan

Kartu undangan tidak perlu yang mahal, yang penting adalah desain yang unik dan informasinya jelas. Kamu bisa membuat sendiri kartu undangan tersebut, dengan begitu uang tidak banyak terbuang hanya untuk membeli undangan. Untuk desainnya, kamu bisa mengambil dari internet, dan tinggal print kartu tersebut. Ingat, jangan mengundang terlalu banyak tamu. Buatlah prioritas tamu undangan.

11. Menabung sejak dini

Mengingat biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak, maka kamu harus menabung sejak dini. Jika pesta pernikahan dilaksanakan satu tahun kedepan, maka simpan uang dalam bentuk deposito. Hal ini untuk mengantisipasi agar kamu tidak bisa mengambil uang tersebut sebelum waktu pernikahan tiba.

Nah, itu tadi Tips Mengatur Biaya Pesta Pernikahan. Mulailah berhitung dari sekarang, jika kamu ada rencana menikah pada waktu dekat. Buatlah prioritas mulai dari yang terpenting sampai hal sepele lainnya, agar saat menjelang pesta pernikahan nanti, pestamu berkesan untuk semua orang yang hadir.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Mengatur Biaya Pesta Pernikahan"

Poskan Komentar