Tips Menjadi Orang Yang Sabar


Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi, dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Tidak semua orang memiliki rasa sabar di hatinya. Padahal kesabaran adalah sesuatu yang sangat diperlukan oleh setiap manusia. Karena beberapa masalah hanya dapat diselesaikan ketika dihadapi dengan kesabaran.

Namun, menjadi orang yang sabar terkadang bukanlah hal yang mudah karena sering ada godaan yang mengganggu, baik yang datangnya dari setan atau dari hawa nafsu manusia itu sendiri. Allah berfirman:

"Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang" (Q-S Ar-Ra'd ayat 28)

Tingkatan Sabar

Berpijak dari pengertian sabar menurut Al-Ghazali, maka upaya manusia untuk bersabar dapat di golongkan dalam tiga tingkatan, yaitu:
  • Orang yang sanggup mengalahkan hawa nafsunya, karena mempunyai daya juang dan kesabaran yang tinggi
  • Orang yang kalah oleh hawa nafsunya
  • Orang yang mempunyai daya tahan terhadap dorongan nafsu, tetapi suatu ketika ia kalah, karena besarnya dorongan nafsu. Meskipun demikian, ia bangun lagi dan terus tetap bertahan dengan sabar atas dorongan nafsu tersebut

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunia, Nabi Muhammad SAW membagi sabar menjadi tiga tingkatan, yaitu:
  • Kesabaran dalam menghadapi musibah
  • Kesabaran dalam mematuhi perintah Allah SWT
  • Kesabaran diri untuk tidak melakukan maksiat
Tips Menjadi Orang Yang Sabar

Imbalan orang yang sabar:
  • Dapat berdampingan dengan Allah
  • Memperoleh berita yang menyenangkan
  • Bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak berdosa
  • Di beri pahala yang berlipat
  • Terbebaskan dari siksa api neraka
  • Di cintai oleh Allah SWT

Maka dari itu mulailah kita untuk selalu bersabar dengan menenangkan hati mengingat Allah. Nah, untuk kamu yang masih belum bisa bersabar, kamu bisa ikuti Tips Menjadi Orang Yang Sabar berikut ini:

1. Fokus kepada tujuan yang ingin dicapai

Dengan memfokuskan kepada tujuan awal hingga akhir yang ingin dicapai, itu menjadi motivasi kita agar tetap pada jalur yang tepat. Meskipun dalam prosesnya selalu ada cobaan atau halangan.

2. Biasakan mencatat dan menulis

Menulis merupakan bagian dari terapi diri, biasakan mencatat apa-apa yang menjadi proses dalam mencapai tujuan, karena kesabaran inilah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Pencatatan dalam bentuk penulisan jurnal, diary atau pun note biasa akan menjadi terapi kesabaran, sehingga seseorang mengetahui sudah sejauh mana proses tersebut dicapai.

3. Berpikir positif

Berpikir positif memberikan aura baik untuk sikap dan perilaku kita. Dengan kita memiliki pikiran positif kepada diri sendiri, orang lain dan keadaan serta lingkungan memberikan pengaruh positif terhadap sekitar. Hal ini juga memberikan pengaruh baik dalam dunia kerja, pergaulan, ataupun lingkungan sekitar, sehingga orang lain akan senang berada bersama kita. Pemikiran positif memberikan kebaikan dalam menggapai harapan yang diinginkan, ataupun memberikan kenyamanan ketika dihadapkan dalam suatu persoalan.

5.  Biasakan untuk istirahat

Banyak orang yang merasa bersalah jika waktunya terbuang dengan beristirahat. Malah justru sebaliknya, jika tubuh diistirahatkan dan ditidurkan dalam waktu yang cukup, akan menghasilkan tenaga, pikiran serta pikiran menjadi lebih cerdas dan segar. Maka sempatkanlah tubuh dan pikiran istirahat dengan waktu yang cukup untuk kondisi tubuh.

6.  Hindari perilaku yang membosankan

Rasa tidak sabar biasanya muncul ketika rasa bosan sedang dialami seseorang, dalam kondisi ketika menunggu sesuatu. Oleh karena itu biasakan untuk melakukan suatu kegiatan, saat kamu sedang posisi menunggu.

7.  Memahami perbedaan sabar dengan menunda pekerjaan

Hindari pemikiran sabar dengan penundaan, justru inilah yang akan menjebak perilaku dan sikap, yang pada akhirnya menjadi malas untuk bergerak cepat. Hingga akhirnya justru terbengkalai dengan membiarkan sifat malas menguasai pikiran.

8.  bersakit dahulu, bersenang kemudian

Dengan berpikir bersakit-sakit dahulu, seseorang tidak akan melakukan kesenangan sesaat, ataupun menghamburkan apa yang baru didapat di tengah perjalanan, tetapi justru mengingat kembali target apa yang akan dicapai di kemudian hari dengan berproses dan berusaha.

Demikianlah Tips Menjadi Orang Yang Sabar, semoga bermanfaat untuk kita semua yang masih belajar untuk menjadi orang yang sabar. Sifat sabar memang sangat di butuhkan sekali, untuk mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Menjadi Orang Yang Sabar"

Poskan Komentar