Tradisi Tahun Baru 23 Negara di Dunia


Tahun baru adalah saat yang sangat dinanti-nanti di seluruh dunia. Ini merupakan perayaan terbesar yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tahun baru juga merupakan saat yang tepat untuk berkumpul dan bertemu dengan orang-orang yang kita cintai seperti keluarga, teman, dan sahabat.

Banyak hal yang biasanya dilakukan untuk menyambut tahun baru, dan banyak persiapan yang biasa dilakukan sebelum memasuki tahun baru. Dari belanja kebutuhan rumah tangga, mengadakan pesta, liburan ke luar kota atau luar negeri, sampai melakukan kebiasaan unik yang hanya dilakukan pada saat tahun baru.

Tahukah kamu ternyata setiap negara di seluruh dunia juga memiliki tradisi tahun baru yang berbeda-beda. Berikut Tradisi Tahun Baru 23 Negara di Dunia, yang mungkin bisa menjadi ide buatmu untuk menyambut tahun baru 2016 ini.

Tradisi Tahun Baru 24 Negara di Dunia

1. Indonesia

Di Indonesia orang-orang merayakan tahun baru dengan berkumpul sebelum tengah malam pergantian tahun baru, dan ketika pergantian tahun (jam 12 malam) orang-orang akan menyalakan kembang api sambil meniup terompet bersama dengan keras, kemudian orang-orang akan menonton konser, keliling kota, atau sekadar kumpul-kumpul atau makan-makan bersama keluarga.

2. Amerika Serikat

Tahun baru adalah perayaan besar bagi masyarakat Amerika Serikat. Orang Amerika biasa merayakan malam tahun baru dengan mengadakan sebuah pesta atau festival. Mereka akan menari, menyanyi, dan juga makan bersama. Tepat jam 12 malam, pasangan kekasih atau para suami istri akan berpelukan, dan semua orang saling mengucapkan Happy New Year.

3. Skotlandia

Di negara Skotlandia orang-orang menyebut malam tahun baru sebagai Night of the Candle. Mereka menyambut tahun baru dengan membersihkan rumah dan mempersiapkan diri menyambut tamu yang akan datang. Mitos disana adalah, siapa tamu pertama yang masuk melewati pintu rumah dan membawa hadiah bagi tuan rumah, akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga.

4. Spanyol

Di Spanyol ketika malam tahun baru, hampir semua fasilitas umum akan ditutup. Biasanya orang-orang merayakan pergantian tahun baru dengan memakan 12 butir anggur dengan cepat dan berdoa, hal ini diyakini akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya. Jumlah anggur yang dimakan merupakan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

5. Rusia

Di Rusia, tradisi pergantian tahun baru biasanya dilakukan seperti Natal di negara-negara lain. Seseorang mirip Santa Claus akan datang dan membawa sekantong penuh mainan anak-anak ke rumah-rumah dan membagikannya. Namun bedanya namanya bukanlah Santa Claus melainkan Grandfather Frost yang berkostum biru.

6. Yunani

Tradisi perayaan tahun baru di Yunani, dilakukan dengan memotong roti tahun baru yang di dalamnya berisi koin atau jimat yang disebut Vasilopita. Kepala keluarga akan membagi-bagikan kepada anggota keluarga lainnya. Roti ini dipercaya dapat membawa nasib baik bagi keluarganya.

Tiap tanggal 1 Januari, penduduk Yunani biasa menebar biji delima sebagai simbol kemakmuran di sepanjang tahun. Karena menurut mereka, buah delima melambangkan kesuksesan dan kemakmuran.

7. Belgia

Di Belgia biasanya dilakukan dengan berpesta pada tengah malam pukul dua belas hingga dini hari, dan ada juga tradisi yang disebut Niuwjaarrsdag, yaitu anak-anak akan menulis surat untuk orang tua mereka, dan mereka akan membacakannya di depan orang tua mereka saat kumpul bersama keluarga.

8. Australia

Di Negeri Kanguru ini, tradisi tahun baru dilakukan dengan berpesta. Pesta dimulai sejak sehari sebelum pergantian tahun, dan saat jam 12 malam mereka akan meniup terompet atau peluit, kemudian pada tanggal 1 Januari mereka menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga atau berpiknik.

9. Finlandia

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan meleleh kan lempengan timah. Dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya. Jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak lagi simbol-simbol lainnya.

10. Filipina

Tradisi perayaan tahun baru di negara ini, selalu identik dengan bentuk bulat. Pada tahun baru mereka akan menyediakan makanan atau buah-buahan berbentuk bulat, atau memakai pakaian atau apapun yang berbentuk bulat. Dipercaya bagi masyarakat Filipina bentuk bulat dapat menarik rejeki atau membawa keberuntungan.

11. Jepang

Di Jepang, perayaan tahun baru dilakukan dengan berpesta bersama keluarga dengan melihat festival kembang api, dan lonceng-lonceng di kuil-kuil Budha di Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sepanjang malam hingga pergantian tahun. Setiap dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor yang dimiliki setiap orang.

Serta orang Jepang biasanya merayakan tahun baru dengan menikmati beberapa makanan yang memiliki filosofi. Makanan tersebut berupa telur ikan yang menyimbolkan kemakmuran, tatsukuri yang melambangkan kesuburan, dan manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

12. Kolombia

Tradisi tahun baru di Kolombia, dilakukan dengan membakar sebuah boneka yang terbuat dari jerami seperti orang-orangan sawah, kemudian mereka akan menulis nasib buruk atau kesalahan yang ingin dibuang dalam sebuah kertas, dan pada pukul dua belas malam mereka akan menempelkan kertas pada boneka dan membakarnya. Hal itu sebagai simbol selamat tinggal bagi nasib buruk, dan selamat datang pada nasib baik.

13. Jerman

Masyarakat Jerman mengharuskan menghabiskan sisa hidangan perayaan tahun baru tanpa sisa. Hidangan klasik yang biasa disajikan saat tahun baru adalah ikan mas. Duri ikan mas tersebut akan dibagikan ke para tamu yang hadir sebagai Good Luck Charm. Mereka melakukan tradisi itu karena mereka percaya dengan menghabiskan sisa makanan sampai ke tulangnya, maka mereka tidak akan mengalami kekurangan sepanjang tahun.

14. Italia

Keluarga di Italia memiliki kebiasaan menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar, dan tidak boleh padam dalam satu hari. Sebab menurut kepercayaan mereka, api berasal dari matahari. Bila api di hari tahun baru padam, maka mereka mempercayai sepanjang tahun tidak akan merasakan sinar matahari.

15. Bolivia

Orang-orang akan menggunakan pakaian dalam warna kuning. Masyarakat Bolivia menganggap bahwa celana dalam berwarna kuning dapat membawa peruntungan bagi mereka yang memakainya saat perayaan pergantian tahun. Setiap perayaan akhir tahun masyarakat Bolivia akan berbondong-bondong untuk membelinya, dan tepat tengah malam mereka akan mengganti pakaian dalamnya dengan yang berwarna kuning.

16. Brazil

Penduduk Brazil percaya, dengan mengenakan pakaian dalam warna-warni saat malam tahun baru, akan membuat nasib baik menghampiri mereka sepanjang tahun. Biasanya yang digunakan adalah warna-warna menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta akan terus menghampiri. Sementara warna kuning untuk meraih kemakmuran lebih mudah.

17. Chili 

Di negara Chili masyarakatnya memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Mereka pergi ke kuburan untuk merayakan perayaan tahun baru bersama keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya, dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

18. Denmark

Selama satu tahun, masyarakat Denmark selalu mengumpulkan piring-piring bekas. Piring-piring tersebut nantinya akan digunakan untuk melempari rumah tetangga atau teman saat perayaan malam tahun baru. Konon katanya, rumah yang paling banyak dilempari piring berarti punya banyak teman dan disukai banyak orang.

19. Ekuador

Masyarakat Ekuador biasanya merayakan malam tahun baru dengan membakar foto-foto dengan kenangan buruk di tahun sebelumnya. Untuk membakar foto-foto tersebut, mereka dan para wisatawan akan berkumpul dalam satu tempat. Malam tahun baru di Ekuador, akan diterangi dengan nyala api yang juga menghilangkan jejak kelam di tahun lalu. 

20. Irlandia:

Di Irlandia, daun Mistletoe digunakan oleh para wanita yang ingin cepat dapat jodoh. Biasanya saat malam pergantian tahun, para wanita jomblo tersebut menaruh beberapa helai daun Mistletoe di bawah bantal, dengan mitos pria cepat datang melamar mereka. Mereka juga percaya kebiasaan ini bisa menjauhkan dari nasib sial di tahun yang baru nanti.

21.  Austria

Negara ini mempunyai tradisi Lead Pouring atau menuangkan timah. Lead Pouring merupakan tradisi lama yang menggunakan timah cair. Kemudian cairan timah tersebut dituangkan ke dalam wadah yang sudah diisi air. Kalau sudah di tuang, timah-timah tersebut akan menjadi beberapa bentuk.

Bentuk-bentuk inilah yang akan jadi prediksi tahun depan. Contohnya bila membentuk bola berarti keberuntungan sepanjang tahun, bentuk jangkar berarti memerlukan bantuan, dan bentuk salib berarti kematian.

22. Meksiko

Masyarakat Meksiko biasa menggunakan pakaian dan pakaian dalam warna-warni. Bagi mereka yang mengharapkan cinta, maka saat malam pergantian tahun harus menggunakan pakaian dalam berwarna merah. Bila ingin keberuntungan, bisa menggunakan pakaian dalam warna kuning. Harapan bisa disesuaikan dengan warna pakaian dalam apa yang akan dipakai.

23. Turki

Orang Turki percaya kalau penggalangan dana akan membawa kebahagiaan di Tahun Baru. Oleh karena itulah penggalangan dana pada tahun baru menjadi rutinitas dan tradisi masyarakat Turki setempat.

Nah, itu tadi Tradisi Tahun Baru 23 Negara di Dunia. Sebentar lagi tahun 2015 akan berakhir, dan tahun baru 2016 akan datang. Apakah kalian sudah punya rencana untuk melakukan apa di malam tahun baru nanti? Jika belum ada rencana atau ide, tidak ada salahnya kamu mencoba salah satu tradisi tahun baru diatas.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tradisi Tahun Baru 23 Negara di Dunia"

Poskan Komentar