11 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan


Semua orang Indonesia pasti tahu gula merah atau gula jawa yang punya rasa khas. Gula merah biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, sebagai saus atau isian untuk kue tradisional, menjadi salah satu pemanis alami untuk minuman.

Selain manfaat gula merah tersebut diatas, ternyata gula merah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, karena gula merah mengandung garam mineral yang kaya nutrisi, serta kandungan gula yang jauh lebih kecil dari gula pasir, dan juga mengandung theamine, riboflavin, nicotinic acid, ascorbid acid, serta protein.

11 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

11 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

1. Mencegah asma

Kandungan nutrisi pada gula merah bisa mencegah asma, atau mengobati asma secara perlahan. Adanya sifat anti alergi pada gula merah inilah yang menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan khususnya dalam mencegah sekaligus mengatasi asma.

2. Mencegah anemia

Gula merah juga sangat baik dalam mencegah anemia atau kurang darah. Tetapi, pilihlah gula merah yang murni terbuat dari air nira kelapa atau nira pohon aren.

3. Meningkatkan stamina

Nutrisi pada gula merah mampu meningkatkan stamina dalam tubuh. Karena manfaat inilah maka gula merah menjadi salah satu bekal wajib untuk para pendaki gunung atau penjelajah alam.

4. Meredakan nyeri haid

Dengan mengkonsumsi sedikit gula merah, maka nyeri haid bisa sedikit reda. Nutrisi pada gula merah juga membuat badan terasa lebih bugar meski di hari pertama haid. Gula merah ini bisa dimakan secara langsung, atau direbus bersama air kunyit.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Agar pencernaan kita sehat, usahakan untuk mengkonsumsi gula merah. Pencernaan akan lebih sehat dari sebelumnya. Tetapi ingat, pencernaan sehat bukan hanya ditentukan oleh gula merah saja. Pola hidup sehat juga harus selalu diterapkan.

6. Memperlancar peredaran darah

Gula merah mampu memperlancar peredaran darah pada tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh kita, maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Menjaga kadar kolesterol tubuh

Salah satu kandungan dari gula merah yaitu kandungan niacin, merupakan salah satu kandungan yang mampu menjaga kadar kolesterol tubuh akan tetap terjaga. Kondisi kadar kolesterol tubuh yang tinggi akan segera normal kembali dengan mengkonsumsi gula merah.

8. Mengatasi sariwan atau panas dalam

Saat sariawan atau panas dalam, biasanya orang jaman dulu meminum segelas kunyit asam yang dimasak dengan menggunakan gula merah. Kunyit di sini berfungsi mencegah peradangan, sedangkan gula merah berfungsi mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat sariawan atau panas dalam.

9. Membersihkan darah kotor

Gula merah rasanya memang manis, tetapi tidak membuat darah teracuni oleh bahan-bahan kimia berbahaya. Justru gula merah ini berperan sebagai agen yang membersihkan racun-racun dari darah.

10. Mencegah jerawat

Gula merah juga bisa mencegah komedo dan jerawat. Manisnya tidak menyebabkan peradangan pada kulit, sehingga aman untuk dikonsumsi bila anda mendambakan memiliki kulit yang lembut dan bersih.

11. Menyembuhkan batuk dan demam

Gula merah bisa menjadi obat alternatif saat batuk kering dan demam, karena sifatnya yang mendinginkan. Campurkan gula merah pada makanan dan minuman, untuk membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk kering kamu.

Nah, itu tadi 11 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan. Karena manfaat sehat yang diberikan olehnya, tidak heran jika gula merah memiliki harga yang lebih mahal daripada gula pasir. Semoga informasi ini bermanfaat dan anda mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "11 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan"

Poskan Komentar